Berbagai Manfaat Daging Serta Kulit Buah Mangga

Ketahui Berbagai Manfaat Daging Serta Kulit Buah Mangga Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Inilah berbagai manfaat daging serta kulit buah mangga karena pada kulit mangga terdapat senyawa penting antara lain AHA atau alpha hydroxyl acids.

Selamat datang dan terimakasih karena telah berkunjung kesalah satu situs resmi milik alfian herbal yang merupakan agen resmi pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya di indonesia. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi seputar kesehatan yang akan meliputi berbagai manfaat daging serta kulit buah mangga .

Berbagai manfaat daging serta kulit buah mangga | Buah mangga adalah salah satu buah yang paling populer, kaya nutrisi serta unik dari setiap varietas, baik aroma, dan rasa. Karena kaya nutrisi, menjadikan buah mangga baik untuk meningkatkan kualitas kesehatan. Buah mangga juga lezat, dan dapat diolah menjadi banyak jenis makanan. Oleh karena fungsionalitasnya juga, buah mangga seringkali juga disebut sebagai “buah super.”

Mangga(Mangifera Indica) adalah salah satu buah musiman yang tumbuh baik di daerah tropis. Pohon ini awalnya diyakini berasal dari dataran bagian Himalaya dan India. Buah eksotis ini berasal dari keluarga Anacardiaceae, keluarga tanaman yang juga mencakup banyak spesies pohon tropis berbuah dan berbunga seperti jambu mete, pistachio, dll.

Setiap buah bisa ukuran 5 sampai 15 cm dengan panjang sekitar 4 sampai dan lebar 10 cm, dan memiliki bentuk yang khas, ada yang oval atau bulat. Bobotnya berkisar antara 150 – 750 gm. Kulit luarnya hijau halus, ada ketika masak akan berubah menjadi kuning keemasan, cerah, kuning atau merah – oranye tergantung pada varietas dan budidaya. Musim mangga segar biasanya berlangsung antara bulan April sampai Agustus.

Mangga ada dalam berbagai bentuk dan ukuran, tergantung pada kultivar. Secara internal, daging buah berwarna oranye-kuning dengan banyak serat lembut, pembungkus biji berbentuk oval. Rasanya sangat menyenangkan dan kaya, manis yang disertai dengan sedikit rasa masam. Buah mangga yang berkualitas tinggi harus tidak ada atau sangat sedikit terdapat serat dan rasa asam yang minimal.

Berikut tabel kandungan nutrisi buah mangga segar per 100g buah dan Nilai Presentase Prinsip Gizi (RDA) (Sumber: USDA – National Nutrient date base)

berbagai manfaat daging serta kulit buah manggaEnergi 70 Kcal 3,5% , Karbohidrat 17 g 13% , Protein 0,5 g 1%, Total Lemak 0.27 g 1% , Kolesterol 0 mg 0%, Diet Serat 1.80 g 4.5%, Vitamin, Folat 14 mg 3,5%, Niacin 0.584 mg 3,5%, Asam pantotenat 0.160 mg 1%, Pyridoxine (vit B-6) 0.134 mg 10%, Riboflavin 0,057 mg 4%, Thiamin 0.058 mg 5%, Vitamin C 27.7 mg 46%, Vitamin A 765 IU 25,5%, Vitamin E 1,12 mg 7,5%, Vitamin K 4,2 mg 3,5%, Elektrolit, Sodium 2 mg 0%, Kalium 156 mg 3%, Mineral, Kalsium 10 mg 1%, Tembaga 0.110 mg 12%, Besi 0,13 mg 1,5%, Magnesium 9 mg 2%, Mangan 0,027 mg 1%, Seng 0,04 mg 0%, Fitonutrisi, Karoten-β 445 mg –, Karoten-α 17 ug –, Crypto-xanthin-β 11 ug –, Lutein-zeaxanthin 0 mg –, Lycopene 0 mg –

Sejumlah kandungan di dalam mangga ini, memberikan manfaat yang melimpah untuk kesehatan dan kecantikan, seperti berikut :

1. Mengurangi Diabetes

Buah mangga memiliki indeks glikemik rendah (41-60) sehingga mengkonsumsinya dalam jumlah yang agak banyak,  tidak akan meningkatkan kadar gula. Tidak hanya buah, tetapi daun mangga sehat juga. Untuk orang yang menderita diabetes, hanya dengan merebus 5-6 daun mangga rendam sepanjang malam dan minum rebusan airnya setelah disaring di pagi hari. Ramuan ini akan membantu dalam mengatur kadar insulin.

2. Pencegahan Degenerasi Makula

Zat antioksidan zeaxanthin ditemukan di dalam mangga yang menyaring sinar cahaya biru, yang diperkirakan akan memainkan peran protektif dalam kesehatan mata dan mungkin menangkal kerusakan dari degenerasi makula. Asupan buah-buahan yang tinggi (3 porsi atau lebih dalam sehari), telah terbukti menurunkan risiko dan perkembangan degenerasi makula terkait usia.

3. Mencegah Penyakit Jantung

Serat, kalium dan vitamin merupakan kandungan di dalam mangga yang keseluruhannya akan membantu menangkal penyakit jantung. Peningkatan asupan kalium bersamaan dengan penurunan asupan natrium adalah perubahan pola makan yang paling penting pada seseorang, yang akan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

4. Pencegahan Kanker

Penelitian telah menunjukkan senyawa antioksidan dalam buah mangga telah ditemukan untuk melindungi terhadap usus besar, payudara, leukemia dan kanker prostat. Senyawa ini termasuk quercetin, isoquercitrin, astragalin, fisetin, asam galat dan methylgallat, serta enzim yang melimpah.

5. Menyehatkan  Tulang

Tidak hanya kalsium pada manfaat susu saja yang mempengaruhi kesehatan tulang, namun asupan vitamin K yang rendah sering dikaitkan dengan peningkatan resiko terjadinya patah tulang. Konsumsi asupan yang tepat dari manfaat buah-buahan dan sayuran, penting untuk meningkatkan penyerapan kalsium yang optimal termasuk buah mangga ini.

6. Membantu Pencernaan

Mango memiliki enzim yang membantu menghancurkan kandungan lemak dan protein pada makanan yang kita makan. Kemudian kandungan serat pada mangga membantu dalam pencernaan secara alami, yang memudahkan pembuangan sisa pencernaan.

7. Zat Besi Tinggi Untuk Wanita

Mangga kaya akan zat besi, sehingga dapat menjadi solusi alami bagi orang yang menderita anemia. Selain itu, mangga juga baik untuk wanita menopause atau sedang hamil, karena mangga akan meningkatkan kadar zat besi mereka dan kalsium pada waktu yang sama.

8. Menjaga Kadar Kolesterol

Buah mangga memiliki sejumlah  manfaat jambu biji, yang mengandung vitamin C tingkat tinggi, pektin dan serat akan membantu menurunkan kadar kolesterol. Mangga segar merupakan sumber yang kaya kalium, yang merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

9. Menyehatkan Mata

Mata merupakan indra yang penting bagi manusia. Satu cangkir irisan mangga memasok 25% vitamin A, dari asupan harian yang diperlukan. Hal ini mampu menjauhkan dari berbagai penyakit mata seperti rabun senja, kekeringan pada mata dan mata yang gatal.

10. Pencegahan Asma

Buah mangga dapat mempengaruhi pengembangan resiko asma menjadi lebih rendah. Hal ini juga terjadi pada orang yang mengkonsumsi jumlah tinggi nutrisi tertentu. Salah satu nutrisi ini adalah beta karoten, yang ditemukan dalam manfaat buah pepaya, aprikot, brokoli, melon, labu dan wortel.

Kandungan Kulit Mangga

Pada kulit mangga tersimpan sejumlah senyawa penting antara lain AHA atau alpha hydroxyl acids. Senyawa ini juga dijumpai pada daging buah mangga. Senyawa ini sangat umum dijumpai pada kosmetika sebagai salah satu bahan pencerah alamiah kulit. Jadi, selepas mengkonsumsi daging mangga, jangan buang bagian kulitnya. Anda bisa mengoleskannya pada bagian wajah sehingga tampak lebih cerah dan segar. Selain AHA, kulit mangga juga menyandung senyawa tertentu yang menjadikan ia bersifat antihelmintik. Dengan demikian, kulit mangga bisa membunuh kuman yang berbahaya bagi kesehatan manusia.

Mengurai Manfaat Kulit Mangga

Jangan langsung membuang kulit mangga seusai kita mengupasnya sebab kulit mangga ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan.

• Membantu Peremajaan Kulit

Bukan hanya daging buahnya yang bisa dinikmati, kulit buah mangga juga bisa dimanfaatkan sebagai pengelupasan kulit dan peremajaan, karena kandungan AHA (Alpha Hydroxyl Acids). Jadikan mangga sebagai sebagai cemilan wajib. Buah satu ini bukan hanya menciptakan kesegaran dan memiliki rasa yang nikmat, tetapi juga kaya vitamin, mineral, serta antioksidan, yang sangat baik untuk kulit.

• Menghilangkan Jerawat

“Mangga kaya akan beta karoten (vitamin A), yang merupakan sumber antioksidan. Bukan hanya berfungsi sebagai peremajaan kulit, kandungan beta karoten juga memiliki efek mengatasi jerawat,” kata dr Apratim Goel, ahli kulit asal India, seperti diberitakan dari Times of India. Beta karoten merupakan nutrisi penting bagi kulit. Zat tersebut dikonversi oleh tubuh menjadi vitamin A dan bisa jadi obat untuk mengatasi jerawat. Caranya dengan mengaplikasikan buah kaya beta karoten langsung pada kulit berjerawat. Memenuhi asupan vitamin A adalah kunci kulit cerah dan sehat. Itu karena kekurangan vitamin A bisa membuat kulit terlihat kusam, kering, pori-pori terbuka, jerawat serta kulit pecah di bagian tangan, tumit dan lutut.

Jadi, dengan mengonsumsi mangga secara teratur bisa membuat kulit kalian lebih cerah dan bersinar. “Mangga sangat efektif mengatasi tersumbatnya pori-pori kulit. Kandungan antioksidannya tinggi, sementara level karbohidratnya rendah,” kata dr Goel.

“Gosokkan secara lembut kulit mangga pada wajah selama beberapa menit. Karena dapat membuat kulit tetap halus dan awet muda. Kandungan AHAnya bisa merangsang
pergantian sel lebih cepat,” kata dr Goel.

• Memperlancar Peredaran Darah

Begitu juga jika kebetulan kalian yang sedang datang bulan, maka tepat sekali membeli mangga, kulitnya jangan dibuang, karena berkhasiat sekali. Kulit mangga yang digoreng merupakan obat yang mujarab untuk pendarahan yang berlebihan selama haid. Ambillah kulit mangga yang masih hijau warnanya, goreng dalam minyak yang sudah panas. Setelah masak, makanlah, ulangi sampai pendarahan itu berkurang.

• Kulit Mangga Sebagai Obat Cacing Untuk Anak

Daya antihelmintik pada kulit mangga membantu mencegah penyakit cacing untuk anak-anak, Antihelmintik juga sangat ampuh untuk membunuh kuman dan bakteri dalam perut.

Caranya: Rebus kulit mangga selama 15 menit maka zat antihelmintik di kulit mangga akan keluar. Ambil air rebusan kulit mangga dan taruh ke gelas untuk diminum. Rebusan kulit mangga ini sangat ampuh membunuh bakteri jahat di dalam perut.

Tips kecantikan Dengan Manfaat Mangga

Kulit cantik merupakan idaman setiap wanita. Dengan manfaat mangga ini, kita dapat merawat kecantikan kulit tanpa harus repot ke salon. Berikut beberapa tipsnya :

-Mengatasi bintik hitam pada wajah – Kulit mangga dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan ini. Keringkan kulit mangga kemudian dibuat bentuk bubuk. Campur bubuk daun mangga dengan yoghurt, kemudian aplikasikan pada wajah yang terdapat noda hitam tersebut.
-Menyembuhkan Jerawat – Mangga yang masih mentah, potong dan rebus. Air sisa rebusan tersebut dapat digunakan untuk membasuh wajah.
-Mengatasi kulit terbakar sinar matahari – Ambil buah mangga, kemudian dipotong-potong. Oleskan potongan mangga pada kulit yang terbakar. Oleskan lagi krim susu diatasnya. Didiamkan sebentar, sekitar 5-15 menit dan cuci bersih dengan air dingin.
-Melembabkan Rambut – Mangga juga baik untuk rambut karena mengandung vitamin A, yaitu nutrisi yang diperlukan untuk produksi sebum alami untuk melembabkan rambut. Vitamin A juga diperlukan untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut.

Nah itulah yang dapat kami sampaikan mengenai berbagai manfaat daging serta kulit buah mangga. Semoga artikel sederhana yang kami kutip ini dapat menjadi inspirasi bagi anda khususnya kaum wanita dalam menjaga kecantikan kulit wajah.  Lakukan treatment tersebut paling tidak dua kali seminggu dan kulit putih bukan lagi hanya jadi mimpi belaka. Selamat mencoba.

Terus kunjungi situs http://obatlemahsyahwatpalingampuh.alfianherbal.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya , karena kami akan terus update setiap harinya.

Baca juga : Jenis Makanan Penurun Kolesterol Tinggi Super Cepat

Berbagai Manfaat Daging Serta Kulit Buah Mangga

label, , , , ,

About the author

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *