in Artikel Kesehatan

Cara Agar ASI Melimpah dan Baby Bahagia

Kesadaran ibu untuk memberikan Air Susu Ibu (ASI) pada buah hati sudah mulai terasa. Sayangnya, mereka yang semangat untuk memberikan ASI eksklusif sering terkendala dengan produksi ASI yang kurang. Padahal ASI merupakan sumber nutrisi utama bagi tumbuh kembang anak di 6 bulan pertama.

Cara Agar ASI Melimpah dan Baby Bahagia

Hampir semua ibu menyusui khawatir apakah bayi mereka mendapatkan cukup ASI atau tidak, untuk itu ikuti cara agar ASI melimpah dan baby bahagia.

Selamat datang dan terimakasih karena telah berkunjung ke salah satu situs resmi milik alfian herbal yang dalam kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi seputar cara agar asi melimpah dan baby bahagia. Bagi anda yang sedang program menyusui, berikut kami informasikan langkah sederhana untuk memperlancar asi supaya asi melimpah.

asiCara agar asi melimpah dan baby bahagia -, Hampir semua ibu menyusui khawatir apakah bayi mereka mendapatkan cukup ASI atau tidak. Sebenarnya, hampir semua ibu pasca melahirkan, bisa memproduksi ASI yang cukup bagi bayinya. Kecuali, pada beberapa kasus kesehatan tertentu, dimana seorang ibu tidak bisa memproduksi ASI sama sekali.

Hal pertama, yang dapat dilakukan untuk menetukan apakah bayi mendapatkan cukup ASI atau tidak, adalah dengan melihat apakah bayi Anda, tidur nyenyak atau tidak, selama pola tidurnya dalam sehari. Jika bayi Anda, mengalami gangguan tidur, selama lebih dari enam minggu maka bisa dipastikan bayi anda tidak mendapatkan ASI yang cukup.

Seorang bayi, dalam sehari bisa diberikan ASI sebanyak 10-12 kali dalam sehari. Bayi akan menyusu lebih sering selama masa pertumbuhan. Semakin sering anda menyusui si bayi, semakin banyak pula ASI yang akan diproduksi oleh tubuh anda.

Menyusui Pasca Melahirkan dengan Operasi Cesar

Ibu yang melahirkan dengan cara operasi cesar (c-sections) seringkali sulit menyusui bayinya segera setelah ia lahir. Terutama jika ibu diberikan anastesi umu. Ibu relatif tidak sadar untuk dapat mengurus bayinya di jam pertama setelah bayi lahir. Meskipun ibu mendapat epidural yang membuatnya tetap sadar, kondisi luka operasi di bagian perut relatif membuat proses menyusui sedikit terhambat. Sementara itu, bayi mungkin mengantuk dan tidak responsif untuk menyusu, terutama jika ibu mendapatkan obat-obatan penghilang sakit sebelum operasi. Beberapa penelitian menyimpulkan bahwa proses melahirkan dengan cesar akan menghambat terbentuknya produksi ASI. Meskipun demikian, menyusui sesering mungkin setelah proses kelahiran dg cesar akan meminimalisasi masalah-masalah tsb. Bahkan beberapa ibu yang melahirkan dg cesar memiliki produksi ASI yang berlimpah.

Namun, para ibu tak perlu kecewa, dengan sedikit berusaha tanpa stres, ASI bisa melimpah. Seperti langkah tingkatkan produksi ASI secara alami berikut yang dilansir dari laman Boldsky, Sabtu (27/6/2015).

1. Tingkatkan frekuensi menyusui
Setiap tiga jam sekali di siang hari susui buah hati. Hal ini membantu untuk meningkatkan produksi ASI.

2. Kontak kulit ke kulit
Saat menyusuinya rasakan kulit lembutnya menyentuh kulit Anda. Teknik ini bisa merangsang secara refleks pengeluaran ASI.

3. Hindari dot
Penggunaan dot akan membuatnya enggan untuk menghisap payudara cukup lama. Hal ini berdampak pada berkurangnya jumlah susu yang dibutuhkan.

4. Rawat diri ibu
Disibukkan dengan padatnya aktivitas mulai dari mengasuh bayi baru dan rumah tangga bukan berarti tidak merawat diri. Miliki waktu berkualitas dengan diri Anda sendiri, rasa bahagia akan membuat pasokan ASI kembali melimpah.

5. Susui sambil tiduran
Menyusui buah hati sambil tiduran akan membuat ibu lebih rileks. Rasa rileks meningkatkan hormon yang memproduksi ASI lebih banyak.

6. Tak perlu menyusui saat payudara terasa penuh
Jumlah ASI di payudara akan meningkat bila Anda menyusuinya. Kandungan lemak dalam susu akan tinggi jika bayi sering menyusunya. Karena prinsip produksi ASI adalah sesuai permintaan.

Terus kunjungi situs http://obatlemahsyahwatpalingampuh.alfianherbal.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya , karena kami akan terus update setiap harinya.

Baca juga : Khasiat Mengejutkan Ketika Mengkonsumsi Bayam

Cara Agar ASI Melimpah dan Baby Bahagia

Written By:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *