Jenis Makanan Penurun Kolesterol Tinggi Super Cepat

Inilah beberapa jenis makanan penurun kolesterol tinggi super cepat yang perlu anda ketahui terutama untuk anda penderita kolesterol.

Selamat datang dan terimakasih karena telah berkunjung kesalah satu situs resmi milik alfian herbal , yang merupakan agen resmi pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya di indonesia. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi seputar jenis makanan penurun kolesterol tinggi super cepat.

Jenis makanan penurun kolesterol tinggi super cepat | Kolesterol tinggi atau hiperkolesterolemia adalah kondisi dimana tingkat kolesterol dalam darah yang melampaui kadar yang normhal. Kolesterol itu sendiri adalah senyawa lemak berlilin yang sebagian besar diproduksi di hati dan sebagian lainnya didapatkan dari makanan. Kondisi kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko terkena penyakit serius. Penyakit yang mengintai penderita kolesterol tinggi biasanya dikaitkan dengan adanya pengendapan kolesterol berlebihan pada pembuluh darah, seperti stroke dan serangan jantung.

Menurut laporan WHO pada tahun 2011, diperkirakan sekitar 35 persen penduduk Indonesia memiliki kadar kolesterol lebih tinggi dari batas normal yang baik untuk kesehatan. Artinya sepertiga penduduk Indonesia berisiko tinggi terkena penyakit arteri. Kelebihan kolesterol bisa terjadi akibat mengonsumsi makanan dengan kandungan kolesterol tinggi atau karena kurang berolahraga. Namun, kondisi ini juga bisa terjadi akibat faktor keturunan.

Kata kolesterol dianggap sebagai momok dan harus dihindari.  Kolestrol  senyawa kompleks yang dihasilkan tubuh dalam hati, dan sisanya dari luar tubuh seperti dalam zat makanan yang berguna bagi tubuh. Kolesterol ada 2 (dua) macam, yaitu :

-LDL (low density lipoprotein) yang disebut sebagai kolesterol jahat yang berbahaya bagi tubuh dan harus dihindari,
-HDL : high density lipoprotein yang mencegah kolesterol  jahat mengendap dan tidak merugikan tubuh.

Kolesterol jahat merupakan penyebab terjadinya aterosklerosis yaitu pengapuran dan pengerasan dinding pembuluhdarah. Pengerasan pada pembuluh darah, khususnya pembuluh darah koroner akan menjadi sempit dan menghalangi aliran darah yang mengalir di dalamnya. Hal ini akan meningkatkan risiko terkena Penyakit Jantung Koroner (PJK).

  • Fungsi Kolesterol

Namun kolesterol diperlukan manusia juga untuk membangun dinding sel dan membuat hormon.  Kolesterol juga merupakan satu komponen penting untuk membuat asam empedu, hormon steroid dan vitamin D.

  • Kolesterol Normal

Kolesterol normal  adalah <200 mg/dl untuk kolesterol  total, <100 mg/dl untuk kolesterol jahat (LDL, jenis yang dapat menyumbat arteri) dan  kadar  >50 mg/dl untuk kadar baik (HDL- jenis yang membantu membersihkan lemak dari darah).

Makanan Untuk Meningkatkan HDL

jenis makanan penurun kolesterol tinggi super cepatPenderita sebaiknya menjaga agar HDL tetap tinggi, karena berkaitan dengan rendahnya risiko penyakit jantung.

Bubur gandum/oatmeal. Gandum/Oatmeal mengandung serat tinggi yang dapat mengurangi tingkat kolestrol jahat yang ada dalam tubuh. Serat tinggi juga ditemukan di kacang merah, pisang, apel, pir dan buah prune. Serat ini akan mengurangi penyerapan kolesterol dalam aliran darah sehingga tidak terjadi penumpukan.

-Yoghurt-> Makanan ini bebas lemak, dan kaya protein, kalsium, mikroorganisme (Lactoballius sp) yang membantu menurunkan kolesterol tinggi.
-Coklat-> Coklat adalah bahan pangan untuk camilan, dan mengandung antioksidan serta flavonoid yang berguna untuk menurunkan kolesterol. Coklat juga akan melepaskan stres atau ketegangan tubuh.
Makanan yang Difortifikasi/diperkaya dengan Sterol dan Stanol. Makanan yang difortifikasi dengan sterol atau stanol (zat dalam tumbuhan yang membantu menahan penyerapan kolesterol) di antaranya margarine, juice jeruk, atau Yoghurt.
-Kacang kacangan-> Memakan kacang-kacangan lebih banyak dan mengurangi kentang. Karbohidrat dalaam kentang akan menaikkan kadar gula dalam darah. Sementara kacang-kacangan akan memiliki banyak serat dan sedikit meningkatkan kadar gula.
-Olahraga Teratur (jogging, jalan sehat, bersepeda, dan lainnya) -> Aktivitas fisik teratur setiap harinya dapat membantu menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan HDL. Olahraga juga akan mengurangi kesempatan munculnya sumbatan arteri.

Makanan Penurun Kolesterol Tinggi

Selain itu, bahan makanan dan sayuran berikut memiliki  kegunaan untuk penurun kolestrol  jahat (LDL). Di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Beras Merah. Beras merah mengandung Vitamin B, selenium, magnesium dan fitonutrien. Beras merah dapat dipakai untuk menurunkan kadar lemak darah. Kandungan serat tinggi dalam beras merah juga akan membantu menurunkan gula darah.
  • Gandum. Gandum adalah sereal begizi sebagai penurun kolesterol, trigliserida darah, dan mengatur kadar gula dalam darah. Kadar kolesterol dalam darah bisa diturunkan dengan mengonsumsi gandum. Gandum bisa ditemukan dalam roti yang terbuat dari bahan gandum.
  • Bayam. Hijauan ini mengandung zat lutein yang berguna bagi kesehatan mata. Selain itu bayam juga berfungsi sebagai pelindung kesehatan jantung dan melindungi jantung dari lemak yang ada pada pembuluh darah. Bayam merupakan sayuran penurun kadar kolesterol dalam tubuh. Bayam bisa dimasak sebagai sup, atau dibuat juice. Dianjurkan makan semangkuk sup bayam atau segelas juice setiap hari, selain kolesterol, bayam juga menjadi makanan penurun darah tinggi yang ampuh.
    Mengandung antioksidan tinggi dan dikenal sebagai tumbuhan yang mampu menurunkan risiko penyakit jantung, dan untuk mencegah oksidasi LDL. Seledri bisa dimakan dalam bentuk sup, atau tumisan, atau bisa dalam bentjuk juice.
  • Buncis. Buncis adalah sayuran rendah lemak (mengandung lemak tak jenuh ganda) dan merupakan sumber karbohidrat yang dibutuhkan penderita diabetes atau resistensi insulin. Juice buncis sekitar satu gelas setiap hari akan membantu menjurunkan LDL, trigleserida dan kolesterol jahat.

Selain makanan pilihan, buah-buahan juga memiliki peran yang tak kalah pentingnya untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Inilah 12 (dua belas) buah-buahan yang memiliki kegunaan menjurunkan kolesterol dalam tubuh. Konsumsi buah terutama yang mengandung Vitamin C dan Beta-Karoten sangat diperlukan unuk diet kolesterol.

Buah Penurun Kolesterol Tinggi

Inilah buah-buahan yang memiliki khasiat menurunkan kolesterol  tinggi dalam tubuh.

  • Jeruk Nipis.
    Jeruk mengandung zat flavonoid, yang merupakan senyawa yang mampu menghambat produksi LDL. Flavonoid terdapat juga di teh, brokoli, tomat, bawang berlapis serta buah delima.
    Jambu Biji/jambu merah. Jambu biji kaya akan likopen yang berperanan dalam mengendalikan produksi kolesterol. Buah-buahan lain yang berfungsi sama adalah semangka merah, tomat merah, dan jambu biji merah.
  • Delima.
    Delima mengandung zat untuk menurunkan kolesterol darah, dan menghilangkan plak dalam aliran darah. Buah delima meningkatkan produksi oksida nitrat yang membantu mengurangi plak dalam pembuluh darah.
  • Mangga.
    Mangga banyak memiliki Vitamin C yang dapat mencegah kolesterol jahat teroksidasi yang membuat terjadinya plak (penimbunan) kolesterol dalam tubuh.
  • Buah Blueberry.
    Jenis buah-bahan yang masuk dalam kategori berry mengandung pterostilbene yang memiliki fungsi antioksidan dalam tubuh.
  • Buah Anggur.
    Anggur ini memiliki senyawa flavonoid yang berguna untuk penurunan kolestrol, mencegah penggumpalan darah dan menangkal kerusakan akibat masuknya radikal bebas. Buah ini mengandung banyak serat dan memiliki zat catechin yang dapat menurunkan kolesterol.
  • Alpukat.
    Alpukat sumber lemak tak jenuh tunggal, jenis lemak yang membantu meningkatkan kadar kolesterol (HDL) dan menurunkan kadar kolestrol jahat (LDL). Alpukat mengandung beta-sitosterol sejenis lemak nabati yang mengurangi jumlah kolesterol yang diserap dari makanan. Alpukat bisa dibuat untuk  juice karena selain banyak terdapat lemak baik seperti asam oleat, lemak tak jenuh, serta serat buah yang akan meningkatkan kolesterol baik.
  • Buah Zaitun.
    Kandungan zat anti oksidan (zat hydroxytyrosol) dapat menurunkan kadar kolestrol dalam darah namun tidak mengurangi tingkat kolesterol baik dalam tubuh (HDL). Buah ini akan berefek positif terhadap kesehatan jantung karena mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E yang akan menaikkan kadar kolesterol baik. Kita bisa mengonsumsi setidaknya campuran 2 (dua) sendok minyak zaitun dan buah zaitun yang dicampurkan pada salad untuk menaikkan kolesterol baik dalam tubuh.
  • Jeruk Lemon.
    Jeruk lemon banyak mengandung Vitamin C dan memiliki senyawa untuk mengurangi produksi apo-B yaitu sejenis zat yang memicu bertambahnya kolesterol dalam darah. Juga terdapat antioksidan yang berkontribusi mengurangi oksidan LDL.
  • Tomat.
    Tomat adalah sumber likopen yang akan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL). Tomat bisa dimakan segar, dibuat juice, atau dimakan dalam bentuk sup. Tomat juga makanan untuk penderita maag kronis yang sangat membantu.

Sekian yang dapat kami sampaikan mengenai jenis makanan penurun kolesterol tinggi super cepat, semoga artikel sederhana yang kami kutip ini bermanfaat untuk anda semua.

Terus kunjungi situs http://obatlemahsyahwatpalingampuh.alfianherbal.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya , karena kami akan terus update setiap harinya.

Baca juga : Tips Ampuh Hilangkan Sariawan Di Lidah

Jenis Makanan Penurun Kolesterol Tinggi Super Cepat

label, , , , ,

About the author

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *