Kimchi Acar Korea Kaya Manfaat

Kimchi acar korea kaya manfaat yang tidak hanya segar dan enak, tetapi juga dilengkapi dengan beberapa manfaat kesehatan yang luar biasa.

Selamat datang dan terimakasih karena telah berkunjung kesalah satu situs resmi milik alfian herbal , yang merupakan agen resmi pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya di indonesia. Pada kesempatan kali ini, kami akan posting seputar kesehatan yang akan meliputi kimchi acar kore kaya manfaat.

Kimchi acar korea kaya manfaat | Kabar baik bagi anda pecinta kimchi, ataupun anda yang menyukai kuliner dari Negeri Ginseng Korea. Kimchi tidak hanya segar dan enak, tetapi juga dilengkapi dengan beberapa manfaat kesehatan yang luar biasa. Kimchi adalah makanan pelengkap yang berasal dari Korea dan dapat ditemukan di semua restoran Korea, bahkan di Jepang dan Cina. Kimchi merupakan makanan pelengkap yang wajib ada di setiap hidangan. Di Indonesia, kimchi dapat disamakan seperti acar sayur karena rasanya yang asam, asin dan pedas. Bedanya, kimchi dibuat dari proses fermentasi sederhana yang menggunakan kubis, bawang putih dan sayuran lainnya dan disimpan dalam wadah tertutup.

Sekilas Informasi Mengenai Kimchi Korea

Kimchi adalah makanan khas Korea yang saat ini begitu digemari di dunia siring dengan gelombang Korean Wave. Mungkin Anda juga pernah mendengar namanya, namun tahukah Anda makanan apa Kimchi tersebut? Kimchi adalah makanan yang paling dikenal dan digemari oleh masyarakat Korea. Kimchi terbuat dari sawi putih yang sudah difermentasi yang dicampur dengan garam, bawang putih, cuka, lada serta rempah-rempah lainnya. Secara umum kimchi berasa asam dan agak pedas. Selain sawi putih jenis sayuran yang paling umum di gunakan sebagai bahan pembuatan kimchi adalah lobak. Kimchi banyak di gunakan sebagai campuran bahan pada masakan Korea seperti sup kimchi atau nasi goreng kimchi.

kimchi acar korea kaya manfaatSejarah kimchi bermula pada musim dingin di Korea. Orang Korea membuat kimchi sebagai makanan persediaan atau cadangan sayuran sewaktu musim dingin. Karena sayuran susah sekali tumbuh pada saat musim dingin. Pada mulanya Kimchi di buat tanpa menggunakan campuran bahan Cabai. Orang Korea baru mengenal cabai setelah kedatangan para pedagang Portugis. Mulai saat itu orang Korea mulai mencampurkan cabai pada Kimchi. Hal ini terbukti dari resep asinan sayuran dan labu yang sudah dimuat dalam buku resep terbitan tahun 1670, pada resep tersebut tercatat tidak menggunakan cabai. Di dalam catatan sejarah abad ke-17 ditulis tentang 11 jenis kimchi, sedangkan cabai sebagai bahan kimchi mungkin baru populer setelah bertahun-tahun kemudian. Menurut perkiraan adalah 200 tahun kemudian. Kemungkinan Kimchi hanya dibuat dari sayuran asli Korea karena sawi putih kemungkinan besar tidak dikenal di Korea sampai abad ke-19.

Meskipun pedas, hidangan Kimchi disajikan di hampir semua restoran di Korea. Kimchi selalu hadir di hampir setiap makanan Korea. Tidak banyak orang Korea yang bisa tahan selama berhari-hari tanpa makan Kimchi. Mungkin karena sudah menjadi kebiasaan dan tradisi orang Korea sendiri sehingga susah dipisahkan dari jenis makanan yang satu ini. Bahkan selama Olimpiade Musim Panas 1988 yang di gelar di Seoul, Korea Selatan. Banyak para atlet mancanegara yang mencoba hidangan Kimchi. Dan ternyata banyak para atlet yang menyukainya. Sehingga banyak para atlet yang rindu hidangan Kimchi setelah mereka kembali ke negaranya.

Kimchi adalah makanan yang masuk dalam daftar salah satu dari lima makanan tersehat di dunia bersama Minyak Zaitun, Yoghurt, Kedelai, dan Lentils (sejenis kedelai). Komponen penting gizi yang ada pada Kimchi meliputi :

  • Vitamin A
  • Tiamin B1
  • Kalsium
  • Zat Besi
  • Riboflavin

Terlepas dari unsur-unsur gizi penting yang ada pada Kimchi. Manfaat yang paling utama adalah adanya bakteri Lactobacili. Bakteri Lactobacili sangat penting dalam proses pencernaan dan juga mencegah infeksi jamur pada tubuh. Bakteri ini juga dapat di temukan pada makanan-makanan fermentasi dan Yoghurt. Telah banyak studi yang dilakukan mengenai Kimchi. Penelitian baru-baru ini mengungkapkan bahwa Kimchi dapat mencegah varietas kanker tertentu seperti kanker payudara pada wanita. Kimchi juga telah terbukti menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Banyak penelitian yang sedang dilakukan untuk mengungkap lebih jauh manfaat dari Kimchi.

Berikut beberapa manfaat kimchi bagi kesehatan:

1. Rendah Kalori
Acar korea ini menjadi makanan yang memiliki kandungan kalori yang rendah, dengan kandungan serat tinggi yang membuat proses pencernaan lebih cepat dan lebih mudah. Kimchi dapat menyembuhkan beberapa penyakit biasa dan secara umum baik untuk kesehatan secara keseluruhan.

2. Sumber Probiotik
Karena melalui proses  fermentasi makanan, kimchi menjadi sumber probiotik yang yang sangat baik. Probiotik membantu menjaga tubuh Anda tetap sehat dan membantu melawan semua infeksi.

Selain itu, kimchi juga mengandung vitamin dan mineral seperti vitamin A, B, zat besi, kalsium dan selenium. Vitamin dan mineral membantu dalam memperlancar  aliran darah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga pertumbuhan otot.

3. Menurunkan Tekanan Darah
 Jika dikonsumsi setiap hari, kimchi dapat membantu menurunkan tekanan darah.  Bahan lain yang digunakan selain kubis yaitu bawang putih. Dan keduanya mengandung allicin dan selenium.

Allicin dan selenium baik untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh Anda tetap rendah dan mencegah penyumbatan lemak pada dinding arteri.

4. Berat Badan Ideal
Tidak perlu heran mengapa wanita korea memiliki badan langsing, meskipun mengonsumsi banyak makanan.

Kimchi membantu menjaga bentuk tubuh wanita karena di dalam kimchi terdapat lactobacillus yang merupakan bakteri baik. Lactobacillus dapat menekan nafsu makan dan  mengurangi kadar gula darah.

Selain itu, kandungan serat yang tinggi akan menjaga perut Anda agar merasa kenyang lebih lama.

5. Kaya Antioksidan
Kimchi mengandung antioksidan yang melindungi tubuh Anda dari radikal bebas.

Bahan-bahan lain seperti jahe, merica dan bawang putih menjadi pendukung sistem kekebalan tubuh dan mencegah Anda dari flu dan tetap merasa hangat.

6. Melawan Kanker
Kimchi merupakan salah satu jenis  makanan yang dapat melawan kanker karena memiliki antioksidan dan flavonoid yang membantu dalam memerangi kanker, terutama kanker perut.

Nah itulah yang dapat kami sampaikan mengenai kimchi acar korea kaya manfaat, semoga artikel sederhana yang kami kutip ini bermanfaat untuk anda semua. Terimakasih atas kunjungannya.

Baca juga : Cara Mudah Agar Meja Kerja Nyaman Dan Sehat

Terus kunjungi situs http://obatlemahsyahwatpalingampuh.alfianherbal.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya , karena kami akan terus update setiap harinya.

Kimchi Acar Korea Kaya Manfaat

label, , , ,

About the author

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *