Makanan dan Minuman Yang Membuat Sulit Tidur

Kenali jenis makanan dan minuman yang membuat sulit tidur untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Selamat datang dan terimakasih karena telah berkunjung kesalah satu situs resmi milik alfian herbal yang merupakan agen resmi penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya di indonesia. Pada artikel sederhana ini kami dari pihak alfian herbal akan memberikan informasi menarik seputar “makanan dan minuman yang membuat sulit tidur”. Penting untuk kita ketahui mengenai makanan dan minuman apa yang sering membuat sulit tidur, pasalnya penyebab kita sering sulit tidur itu tidak hanya stress atau karena terlalu banyak pikiran, makanan dan minuman juga kerap menyebabkan  sulit tidur jika sebelum tidur kita memakan makanan atau meminum minuman yang salah misalkan makanan yang tinggi lemak serta minuman berkafein.

Sementara tidur yang berkualitas merupakan kunci utama untuk dapat berpikir jernih dan merasa rileks. Kurangnya waktu tidur bisa buat anda merasa sedih dan sensitif, dan apabila tidak segera ditangani bisa mengakibatkan depresi dan mengganggu kesehatan fisik.

Beberapa Jenis Makanan Dan Minuman Yang Membuat Sulit Tidur

Setelah melakukan berbagai macam aktifitas seharian penuh di luar, tentu tubuh anda memerlukan waktu istirahat juga. Tidur yang cukup pada malam hari adalah cara tepat untuk merileks-kan tubuh anda. Waktu tidur juga merupakan waktu yang baik untuk perbaikan sel di dalam dan di luar tubuh anda. Terkadang ketika anda sudah merebahkan tubuh di ranjang, mata anda sulit juga untuk di pejamkan. Insomnia seperti ini bisa terjadi pada siapa saja. Tentu anda tidak ingin melewatkan malam dengan begadang begitu saja, apalagi keesokan harinya anda di tuntut untuk melakukan berbagai aktifitas lagi. Sangat menjengkelkan bukan?

makanan dan minuman yang membuat sulit tidurInsomnia atau susah tidur bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Salah satunya adalah dari makanan yang anda konsumsi. Seperti halnya ada makanan yang bisa membuat anda tidur cepat, terdapat juga beberapa makanan yang justru bisa membuat anda susah tidur.

Makanan dan minuman yang anda konsumsi dalam jam sebelum tidur juga mempengaruhi kualitas tidur. Beberapa makanan membuat anda tidur nyenyak dan ada juga yang membuat anda bangun berulang kali. Berikut adalah contoh makanan dan minuman yang harus anda hindari untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik dan untuk mendapatkan manfaat maksimal tidur sehingga anda dapat melalui kegiatan sehari-hari anda dengan semangat keesokan harinya.

Baca juga : Tips Agar Tubuh Tetap Berenergi Saat Berpuasa

Berikut beberapa makanan dan minuman yang membuat sulit tidur :

Minuman Beralkohol

Tidak sedikit orang beranggapan jika minuman beralkohol dapat membuat seseorang cepat tidur. Namun, pernyataan tersebut tidak terbukti kebenarannya. Alkohol hanya dapat merusak organ dalam tubuh manusia dan melemahkan saraf, sehingga terlihat seseorang yang minum minuman beralkohol mengantuk, padahal itu efek dari minuman beralkohol. Selain itu, minum minuman beralkohol sebelum tidur dapat mengganggu kenyamanan dan membuat kualitas tidur berkurang.

Makanan Fermentasi

Makanan hasil fermentasi, seperti keju, tape, tempe, yogurt dan jenis makanan fermentasi lainnya memiliki kandungan zat yang disebut tyramine. Zat tersebut dapat merangsang otak, sehingga membuat sulit tidur.

Tomat

Tomat atau bahan makanan yang memiliki rasa asam lainnya dapat membuat rasa tidak nyaman dalam perut pada malam hari. Sebaiknya konsumsi makanan yang berbahan dasar tomat setidaknya 3 jam sebelum tidur supaya terhindar dari insomnia.

Steak

Tubuh kita tidak didesain untuk mencerna makanan saat tidur. Protein menyebabkan masalah pencernaan tertentu karena sulit dipecah dibandingkan nutrisi lainnya. Hal ini membuat makanan seperti steak bukanlah makanan yang baik dikonsumsi menjelang waktu tidur.

Sunkist

Buah seperti Sunkist dapat meningkatkan keasaman lambung sehingga membuat Anda bangun di malam hari

Air Mineral

Bagi kebanyakan orang minum air sebelum tidur merupakan hal yang disarankan oleh para ahli supaya terhindar dari dehidrasi saat tidur. Namun, perlu diketahui pula jika minum air mineral sebelum tidur juga dapat membuat tidur terganggu dan kualitas tidur menjadi menurun. Sebab akan mudah terbangun di malam hari untuk buang air kecil karena terlalu banyak minum air. Dalam hal ini, kami tidak melarang minum air sebelum tidur, tetapi alangkah baiknya jika minum air putih sekitar 1 jam sebelum tidur, supaya air tersebut dapat diserap oleh tubuh terlebih dahulu.

Saus Tomat, Cabai, Pizza dan Makanan Pedas

Selain sistem pencernaan yang akan terganggu di malam hari, makanan asam dan pedas juga bisa menyebabkan efek refluks dan heartburn yang bisa mengganggu kenyamanan Anda tidur. Dikutip dari detikhealth, refluks adalah aliran urin yang abnormal dari kandung kemih kembali ke tabung (ureter) yang menghubungkan ginjal dengan kandung kemih. Normalnya, urin hanya mengalir turun dari ginjal ke kandung kemih.

Daging Merah

Daging merah kaya akan lemak dan protein di dalamnya. Kedua zat ini membutuhkan waktu lama untuk dicerna. Oleh karena itu jika Anda mengonsumsi daging merah beberapa jam sebelum tidur, maka pola makan ini mampu menyebabkan munculnya rasa kram di perut.

Makanan Yang Di Goreng (Berminyak)

Makanan yang digoreng memang mempunyai rasa yang enak ketika dikonsumsi. Namun tahukah Anda bahwa makan ini tinggi akan lemak jenuh dan membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna? Proses pencernaan ini mampu membuat perut Anda kram dan tentu saja mengganggu jam tidur Anda.

Tidak hanya faktor penyebab yang membuat sulit tidur yang kami informasikan saat ini, namun kami juga akan memberikan beberapa tips untuk anda yang sering mengalami susah tidur, bisa dengan mencoba beberapa tips yang akan kami informasikan seperti berikut!

Berikut tips dan cara bagaimana supaya bisa tertidur dengan cepat dan pulas

Tak sedikit orang yang mengalami kesulitan tidur, hanya membolak-balikkan tubuh selama berjam-jam, sebelum akhirnya tertidur dengan gelisah. Hal ini bisa menyebabkan frustasi, karena kurang jam tidur bisa membuat Anda merasa lelah dan suka marah-marah pada keesokan harinya. Sering kurang tidur juga bisa menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, karena dianjurkan bagi orang dewasa untuk tidur berkualitas selama 7 jam pada malam hari. Namun tak perlu khawatir, karena ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan Anda bisa tertidur lebih cepat, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

419-tips-atasi-susah-tidur-di-malam-hariDibawah ini beberapa tips agar anda bisa mendapatkan tidur yang lebih nyenyak :

  • Menjaga suhu ruangan yang tepat

Tempat tidur yang sejuk dan gelap akan membantu Anda untuk tertidur lebih cepat dan tidur lebih baik. Memakai selimut adalah salah satu cara untuk mempertahankan kehangatan badan. Jika Anda menderita hot flashes atau berkeringat di malam hari, ada hal-hal yang bisa Anda lakukan agar tubuh merasa dingin. Kasur cooling pad bisa menjaga suhu tubuh turun dan menarik keringat dari kulit.

  • Mematikan semua lampu dan peralatan elektronik.

Ruang yang gelap akan membuat otak berfikir bahwa sudah waktunya untuk tidur, sehingga ia melepaskan hormon yang menginduksi rasa kantuk. Jika kamar terlalu terang dan menatap layar televisi bisa menunda pelepasan hormon ini, dan mencegah bisa tertidur. Untuk mengatasi hal ini, menjaga kamar tidur Anda gelap seperti mungkin dapat Anda lakukan dan mematikan semua elektronik setidaknya satu jam sebelum tidur. Hindari menempatkan jam yang bersuara serta mudah terlihat, karena hal ini akan menambah kecemasan jika Anda sedang sulit tidur dan menatap jam yang sudah dinihari.

  • Menggunakan bantal dan kasur yang nyaman.

Tempat tidur yang terasa tidak nyaman bisa membuiat Anda kesulitan untuk tertidur. Fikirkan untuk mengganti bantal, kasur bahkan sprei Anda dengan yang baru, yang lebih terasa lembut dan nyaman. Cucilah sprei Anda dan menjemur bantal atau kasur secara rutin, karena ini akan menjaga rasa kenyamanan Anda ketika berbaring.

  • Menggunakan aroma minyak esensial

Sesuatu seperti bau minyak esensial bisa membantu tubuh dan fikiran Anda rileks. Menurut beberapa penelitian, lavender adalah minyak esensial nomor satu untuk mendorong tidur nyenyak. Taburkan beberapa tetes minyak lavender pada sehelai kain dan di bawah sarung bantal Anda. Anda juga bisa mengencerkan beberapa tetes minyak kedalam air,  dan tempatkan dalam diffuser di kamar tidur Anda. Minyak atsiri Bergamot, marjoram, cendana dan geranium adalah minyak aromaterapi lain yang bisa Anda pilih.

  • Kamar tidur bebas berisik.

Suara berisik sudah pasti sangat mengganggu untuk bisa tertidur. Lakukan yang terbaik untuk menjaga kamar tidur Anda tenang dan sedamai mungkin, dengan menutup pintu dan jendela atau meminta teman serumah untuk mengecilkan televisi.

  • Berendam air hangat

Berendam dalam air hangat sebelum tidur adalah salah satu metode yang sudah teruji bisa membuat tertidur lebih cepat. Yang pertama karena mandi membantu mengurangi stres dan membantu membersihkan pikiran. Dan yang kedua, mandi air panas akan meningkatkan suhu tubuh Anda,  dan kemudian turun dengan cepat ketika selesai. Hal ini akan memicu tubuh untuk melepaskan hormon yang mendinginkan ketika saatnya untuk tidur. Berendamlah selama 20 menit kedalam air hangat, bisa dengan menambahkan minyak seperti lavender dan chamomile.

  • Memakai piyama yang nyaman.

Nyaman di tempat tidur adalah penting agar bisa tertidur dengan cepat, sehingga mengenakan piyama yang nyaman juga sangat penting. Hindari piyama yang terlalu ketat, terbuat dari bahan yang tidak nyaman, atau memiliki kancing yang akan mengganjal saat Anda tidur. Pilih piyama yang longgar dan lembut, yang tidak terlalu panas atau terlalu dingin.

Sekian yang dapat kami sampaikan mengenai “makanan dan minuman yang membuat sulit tidur”. Semoga artikel sederhana yang kami kutip bermanfaat untuk anda semua. Terimakasih atas kunjungannya..

Makanan dan Minuman Yang Membuat Sulit Tidur

label, , , , ,

About the author

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *