Makanan Yang Bisa Mengatasi Batuk

Berbagai Macam Makanan Yang Bisa Mengatasi Batuk Secara Alami

Tidak hanya obat-obatan yang mampu mengatasi batuk, namun ada juga makanan yang bisa mengatasi batuk secara alami yang telah diakui sejak lama.

Selamat datang dan terimakasih karena telah berkunjung kesalah satu situs resmi milik alfian herbal yang merupakan agen resmi pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya di indonesia. Dalam kesempatan kali ini kami akan posting mengenai artikel kesehatan yang akan meliputi seputar makanan yang bisa mengatasi batuk.

Batuk tidak terkategori sebagai penyakit, melainkan respon yang diberikan oleh sistem pertahanan tubuh di saluran pernapasan yang dikirim lewat syaraf menuju pusat batuk di otak untuk mengeluarkan lendir, makanan, asap, debu, dan lain sebagainya yang berada di dalam reseptor batuk seperti hidung, saluran pernapasan, dan telinga.

Benda asing yang terjebak di tiga reseptor batuk bisa berasal dari makanan sehari-hari yang kita konsumsi, ataupun dari sektor alamiah (seperti debu dan asap). Batuk bisa terjadi selama satu hingga tiga episode yang akhirnya dibedakan menjadi dua jenis, yaitu batuk akut (sembuh dengan sendirinya dalam waktu kurang dari 3 minggu) dan kronis (terjadi selama 3 bulan berturut-turut) –atau berulang.

Penyebab Batuk

Infeksi saluran pernapasan terjadi akibat terkaman virus atau bakteri. Selain infeksi, penyebab batuk juga bisa dari lain faktor

-Penyakit kambuhan, seperti asma, PPOK (Penyakit Paru Obstruktif Kronik), dan atau bronkitis kronis.
-Rinitis alergi semacam intoleransi saluran pernapasan terhadap serbuk sari (hay fever).
-Penyakit GERD atau Gastroesophageal Reflux yang didefinisikan sebagai penyakit yang terjadi saat asam lambung naik ke kerongkongan akibat lemahnya katup. Gangguan penyakit lambung dan kerongkongan ini digejalai oleh batuk dan nyeri pada dada. GERD bisa berujung batuk kronis.
-Polusi udara udara juga memiliki peranan menyebabkan batuk terus-menerus akibat polutan dan iritan di udara yang terhirup oleh hidung sehingga masuk ke saluran pernapasan.
-Spora jamur yang berada di alam dan sekitar rumah juga dapat menyebabkan batuk dan mengi (sesak napas atau bengek) ketika dihirup.
-ACE inhibitor, yaitu jenis obat yang dipakai untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan mengobati gagal jantung. ACE inhibitor yang ditelan oleh pasien kerap mendapati batuk kering. Batuk yang dialami berlangsung selama beberapa minggu setelah mereka berhenti minum obat tersebut.
-Pertusis atau batuk rejan yang mana penyakit yang gejalanya berupa demam, flu, dan terutama batuk yang membuat seseorang sulit bernapas. Batuk rejam bisa berlangsung selama berminggu-minggu.

Batuk menjadi salah satu gejala yang sangat umum dan biasanya menyertai flu atau tubuh yang lelah. Namun batuk terkadang menjadi sangat menjengkelkan karena sulit sembuh. Selain itu batuk akan membuat tubuh menjadi lelah karena tidak nyaman saat melakukan berbagai aktifitas. Terkadang batuk bisa membuat penderita tidak nafsu makan karena batuk yang mengganggu saat makan. Sehingga dampak batuk bisa menjadi sangat komplek seperti berat badan yang menurun, sulit istirahat dan depresi. Terlebih batuk bisa bertahan lama meskipun sudah diobati, namun pernahkan Anda mencoba untuk mengobati batuk dengan buah-buahan.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati batuk

Makanan Yang Bisa Mengatasi Batuk

-Kacang Almond
Belum banyak yang tahu kalau ternyata biji atau kacang almond dapat mengatasi batuk. Langsung saja dicermati cara menghilangkan batuk secara alami dengan kacang almond.

Sediakan 8 butir kacang almond. Rendam di dalam air selama 12 jam (bisa malam hari sembari ditinggal tidur).
Tumbuk kacang almond hingga menjadi pasta lembut. Tambahkan sesendok teh mentega.
Buat jadwal tiga hingga empat kali konsumsi perhari. Makan pasta hingga batuk hilang.

-Jeruk
Buah jeruk mengandung vitamin C yang cukup tinggi sekitar 54 mg / 100 gram penyajian. Vitamin C dalam buah jeruk menjadi sumber antioksidan yang sangat baik untuk melawan infeksi dan menyerang semua radikal bebas dalam darah. Jeruk yang mengandung vitamin C bekerja untuk mengurangi rasa nyeri pada bagian tenggorokan karena batuk atau iritasi yang sering terjadi karena batuk yang lama. Vitamin C dalam buah jeruk juga akan melawan semua bakteri yang ada di lendir pada tenggorokan.

Cara Konsumsi : Makan jeruk biasa atau jadikan jeruk menjadi segelas jus tanpa gula. Jika Anda suka maka bisa menambahkan sesendok madu.

-Jeruk Nipis
Jeruk nipis juga bisa mengobati batuk dalam waktu yang sangat cepat. Jeruk nipis mengandung vitamin C yang sama seperti jenis jeruk biasa, namun kadarnya lebih tinggi yaitu sekitar 57 gram / 100 gram. Selain itu jeruk nipis juga banyak mengandung flavonoid yang bisa bersifat melegakan pernafasan dan menghilangkan lendir di tenggorokan. Sementara kandungan kaempferol membantu melembutkan lendir kental di tenggorokan. Bahkan jeruk nipis juga bisa membantu mengatasi mual karena batuk terus menerus.

Cara Konsumsi

-Peras jeruk nipis dan campur dengan satu sendok madu lalu minum selama tiga atau dua kali dalam sehari.
-Peras jeruk nipis dan campurkan dengan sedikit lada hitam kemudian hirup aromanya sedikit demi sedikit.

-Jeruk Lemon
Jeruk memang mengandung khasiat yang sangat besar untuk mengobati batuk, termasuk jenis jeruk lemon yang sangat terkenal. Jeruk lemon bisa mengatasi berbagai jenis gejala flu seperti batuk, sakit kepala dan hidung yang tersumbat. Jeruk lemon bisa mengatasi flu karena memiliki sifat diuretik yang bisa meningkatkan sistem pembuangan racun dalam tubuh. Selain itu lemon juga bisa memerangi infeksi di tenggorokan sehingga mengurangi batuk yang parah.

Cara Konsumsi : Campur air perasan jeruk lemon dengan segelas air hangat dan tambahkan madu lalu diminum seperti biasa. Bisa diminum dua kali sehari hingga batuk mereda.

-Tomat
Tomat mengandung sumber vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin C akan berperan sebagai sumber antioksidan yang akan memerangi infeksi penyebab batuk dan nyeri tenggorokan. Bahkan tomat bisa menjadi obat batuk tanpa menyebabkan efek samping untuk tubuh. Tomat bisa menyembuhkan batuk dengan cepat karena bisa meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh. Selain itu kandungan vitamin C dan A dalam tomat bisa menjadi sumber penyerang radikal bebas dalam darah.

Cara konsumsi : Pilih jenis tomat merah yang sudah matang karena kaya kandungan beta karoten. Makan tomat mentah untuk mempertahankan vitamin dan hindari konsumsi tomat yang sudah dimasak.

-Kiwi
Kandungan vitamin C alami dalam buah kiwi juga bisa meredakan batuk yang membandel. Vitamin C akan berperan untuk mendorong sistem kekebalan alami dalam tubuh. Makan buah kiwi yang mengandung vitamin C juga akan melindung tubuh dari resiko tertulas beberapa penyakit seperti flu dan batuk. Buah kiwi bisa membantu meredakan batuk karena mengandung actinidain yang bisa menghilangkan mual selama batuk, dan kandungan vitamin C yang bisa memerangi semua virus dan bakteri penyebab batuk.

Cara Konsumsi : Potong kecil-kecil buah kiwi dan makan seperti biasa. Pastikan Anda memilih buah kiwi yang masih segar.

-Nanas
Banyak orang tidak makan buah nanas ketika sedang batuk, tapi ternyata buah nanas sangat bermanfaat untuk menyembuhkan batuk. Hal ini disebabkan karena buah nanas mengandung enzim bromelain yang bisa bekerja untuk mengurangi lendir di tenggorokan dan menghilangkan bengkak atau iritasi di saluran pernafasan. Makan buah nanas secara teratur juga bisa mengurangi resiko infeksi penumpukan lendir di saluran pernafasan.

Cara Konsumsi : Makan buah nanas seperti buah camilan biasanya, dan jangan makan kentang atau semua makanan dari kedelai bersamaan dengan buah nanas karena bisa menghambat kerja enzim bromelain dalam tubuh.

-Blueberry
Blueberry dikenal sebagai buah yang banyak mengandung antioksidan tinggi. Antioksidan sangat penting untuk tubuh karena bisa menghambat sel kanker dan mengurangi resiko penyakit jantung. Tapi selain itu blueberry juga mengandung vitamin C hingga lebih dari 25 % yang bisa membantu sistem kekebalan tubuh. Blueberry juga mengandung vitamin E dan vitamin A yang sangat baik untuk tubuh. Konsumsi buah bluberry saat flu sangat baik untuk mengatasi tubuh yang lemah saat sedang flu.

Terus kunjungi situs http://obatlemahsyahwatpalingampuh.alfianherbal.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya, karena kami akan terus update setiap harinya. Baca juga : Manfaat Buah Tomat Terhadap Kesehatan

Makanan Yang Bisa Mengatasi Batuk

label, , , ,

About the author

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *