Mandi Malam Menyebabkan Rematik, benarkah?

Mandi Malam Menyebabkan Rematik, benarkah?

Jangan mandi malam hari, nanti bisa terkena rematik! Larangan seperti ini masih sering terdengar di telinga kita. Lalu, benarkah mandi malam bisa menyebabkan rematik?

Selamat datang dan terimakasih karena telah berkunjung kesalah satu situs resmi milik alfian herbal , yang merupakan agen resmi pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya di indonesia. Untuk kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi seputar kesehatan yang akan meliputi tentang mandi malam menyebabkan rematik, benarkah ?.

Siapa di antara kalian yang masih suka mandi malam ? apakah anda sendiri masih sering mendapat teguran orangtua jika mandi malam akan berakibatkan rematik ? Nah, selama ini kita pasti penasaran dengan teguran tersebut. Untuk menjawab semua rasa penasaran kita semua, mari kita simak artikel sederhana yang kami kutip berikut ini tentang benarkah mandi malam dapat menyebabkan rematik?.

mandi-malamMandi malam menyebabkan rematik, benarkah ? || Mandi merupakan salah satu kebutuhan primer manusia, selain sandang, papan, dan pangan. Kebutuhan mandi pada diri setiap orang juga berbeda-beda tergantung pada aktifitas dan kegiatan yang dilakukan, ada orang yang mandinya teratur (pagi dan sore hari), ada juga yang terpaksa harus mandi pada malam hari karena faktor kesibukan. Kadang muncul kekhawatiran pada diri setiap orang untuk mandi pada malam hari, hal ini dikarenakan adanya stigma di masyarakat yang menyebutkan bahwa kalau mandi di malam hari bisa terkena penyakit reumatik pada masa tuanya.

Presepsi yang beredar tersebut salah adanya, karena tidak ada dalam referensi mana pun yang mengatakan bahwa mandi pada malam hari berpengaruh pada kesehatan khususnya penyakit persendian atau reumatik. Secara medis mandi saat malam hari tidak menyebabkan nyeri pada persendian, anggapan tersebut muncul dari pengalaman yang dialami masyarakat dan hanya mitos semata.

Nyeri pada tulang lebih disebabkan oleh gaya hidup seseorang, seperti seberapa sering berolahraga, atau bagaimana ia menggunakan persendiannya tersebut. Tapi memang dengan bertambahnya usia seseorang, terjadi penurunan kepadatan massa tulang. Selain itu, cairan sendi pun mengalami perubahan komposisi sehingga hal tersebut akan menyebabkan keluhan nyeri tulang dan sendi yang biasa disebut reumatik.

Penyakit reumatik sendiri merupakan penyakit yang menyerang persendian dan anggota gerak terutama tulang, sendi, otot, dan tulang belakang yang menimbulkan rasa nyeri dan kaku pada sistem musculoskeletal (sendi, tulang, jaringan ikat, dan otot).

Berikut ini beberapa mitos dan fakta seputar penyakit rematik :

1.Sering mandi malam di usia muda memicu rematik di usia tua

Faktanya, sejauh ini belum ada bukti yang menguatkan bahwa mandi malam akan menyebabkan penyakit reumatik. Pada prinsipnya mandi malam atau mandi air dingin tidak menyebabkan rematik, pada penderita rematik, mandi air dingin memang bisa membuat otot kaku atau spasme. Kondisi tersebut biasanya membuat sendi tertekan sehingga menimbulkan rasa sakit.

2.Makan kangkung atau bayam sebabkan rematik

Tidak ada hasil penelitian yang menghubungkan antara bayam atau kangkung dengan riisko rematik, kalaupun yang harus dihindari, bila Anda ditakdirkan menderita rematik adalah makanan yang dapat memicu purin atau bahan yang akan diubah menjadi asam urat seperti jeroan, seafood atau minuman beralkohol.

3.Semua penyakit rematik disebabkan asam urat

Faktanya, hanya sekitar 10 persen saja pengidap rematik yang asam uratnya tinggi. Banyak pasien yang asam urat tinggi justru tidak mengalami rematik, kata Bambang. Menurutnya, asam urat dalam darah yang tinggi belum tentu akan menyebabkan rematik. Penyakit rematik akan terjadi bila asam urat terkumpul dalam sendi dan membentuk endapan kristal monosodium urat.

4.Penyakit rematik adalah penyakit tulang

Faktanya rematik adalah penyakit yang menyerang persendian tulang dan terdiri dari berbagai jenis di antaranya adalah osteoartritis dan reumatoid arthritis, osteoartritis paling sering menyerang sendi-sendi besar yang mendukung berat badan seperti sendi lulut, panggul, tulang belakang, punggung dan leher meski tidak tertutup kemungkinan menyerang daerah lain. Sementara reumatoid artiritis dikarenakan sistem imun yang menyerang lapisan atau membran sinovial sendi dan melibatkan seluruh organ-organ tubuh, dapat menyebabkan kecacatan.

5.Penyakit rematik hanya mengincar orang berusia lanjut

Faktanya, rematik menyerang semua orang, tua maupun muda baik pria maupun wanita tergantung pada jenis penyakit rematiknya. Pada rematik jenis osteoartritis umumnya menyerang orang-orang berusia diatas 45 tahun sementara jenis Lupus Eritematosus menyerang wanita muda usia produktif tetapi juga dapat mengenai setiap orang, para pria lebih mudah terserang Gout.

Berikut Ini Kami Kutip Bahaya Mandi Malam Untuk Kesehatan

-Menyebabkan metabolisme tubuh terganggu

Ketika anda mandi malam, maka anda harus berhati-hati karena bisa mengganggu metabolisme tubuh, mengapa bisa demikian ? hal ini dikarenakan ketika malam hari, suhu tubuh cenderung sudah mulai melemah dan membutuhkan istirahat. Jika kita mandi dan pori-pori terbuka maka air akan masuk ke tubuh dan menyebabkan gangguan hormon tubuh.

-Masuk angin

Malam hari adalah waktunya tubuh beristirahat, mandi malam hari ternyata beberapa juga dapat menyebabkan tubuh masuk angin dan meriang. Terutama jika suhu tubuh anda saat mandi masih tinggi dan panas.

-Membuat demam

Terkait pori pori tubuh dan panas tubuh mulai meningkat di malam hari, sebaiknya anda menghindarinya. Hal ini disebabkan jika tubuh “panas” kita disiram air dingin pada malam hari maka pori pori yang sedang terbuka akan membuat badan panas dan dingin seperti demam.

-Menyebabkan penuaan dini

Mandi malam bisa mempercepat penuaan dini. Beberapa orang mengatakan bahwa tubuh tidak kuat menerima rangsangan air dingin saat kita mandi malam, hal ini berakibat metabolisme tubuh meningkat. Untuk itu tubuh memerlukan suplai kalori dan oksigen yang tinggi untuk menstabilkannya.

-Menyebabkan Paru Paru Basah

Mandi malam bisa menyebabkan paru-paru basah. Mitos ini juga tidaklah benar. Paru-paru basah disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri yang berasal dari udara. Penderita biasanya mengalami batuk berdahak, sulit bernafas, hingga badannya menggigil.

Terus kunjungi situs http://obatlemahsyahwatpalingampuh.alfianherbal.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya , karena kami akan terus update setiap harinya.

Mandi Malam Menyebabkan Rematik, benarkah?

label, , , ,

About the author

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *