Manfaat Biji Buah Mahoni Untuk Kesehatan

Inilah manfaat biji buah mahoni untuk kesehatan, yang mana peneliti buah mahoni sebagai obat pertama kali dilakukan oleh ahli biokimia, DR. Larry Brookes.

Selamat datang dan terimakasih karena telah berkunjung kesalah satu situs resmi milik alfian herbal yang merupakan agen resmi pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya di indonesia. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi seputar kesehatan yang akan meliputi manfaat biji buah mahoni untuk kesehatan.

Manfaat biji buah mahoni untuk kesehatan | Manfaat Mahoni mulai dari buah hingga biji dan pohonnya bagi kesehatan cukup populer dikalangan herbal. Pohon mahoni, ditemukan di wilayah Pasifik Selatan terutama di Kepulauan Solomon. Tanaman mahoni ining  dikenal dengan kayu indah yang digunakan untuk furnitur dan ukiran. Namun, tanaman mahoni juga memiliki kegunaan yang kurang dikenal, bagian biji dan buah mahoni dapat digiling dan diambil untuk berbagai manfaat kesehatan.

manfaat biji buah mahoni untuk kesehatanBiji mahoni dikenal di mana pohon-pohon mahoni tumbuh dan dengan akrab digunakan sebagai bagian dari makanan yang bervariasi dan sehat. Selain itu, menggiling biji mahoni menjadi bubuk dan meminumnya dengan air. Saat ini, ekstrak biji mahoni ada dalam bentuk kapsul, sebagai suplemen makanan. Biji mahoni mengandung 33 jenis flavonoid dan 27 jenis saponin, hal ini membuatnya lebih kaya nutrisi tanaman padat nutrisi lainnya, seperti ginseng. Selain itu juga mengandung berbagai vitamin, mineral, protein, dan asam lemak yang diperlukan untuk fungsi tubuh yang sehat.

Tanaman mahoni merupakan salah satu tanaman yang kayunya dimanfaatkan untuk berbagai keperluan tekstil, dibuat untuk kayu atua papan yang dimanfaatkan untuk membuat lemari, kursi, meja atau aneka ukiran yang cantik. Dibalik manfaat mahoni untuk keperluan tekstel tersebut, ternyata tanaman mahoni memiliki biji yang berkhasiat untuk kesehatan manusia. Manfaat biji mahoni untuk kesehatan masih belum banyak diketahui oleh masyarakat kita. Padahala biji mahoni bisa diolah menjadi herbal yang dapat mengobati berbagai penyakit. Kali ini admin ingin berbagi mengenai manfaat mahoni untuk kesehatan.

Sebelum kita bahas lebih jauh mengenai manfaat mahoni untuk kesehatan, ada baiknya kalau berkenalan terlebih dahulu dengan tanaman ini. Mahoni termasuk pohon besar dengan tinggi pohon mencapai 35–40 m dan diameter mencapai 125 cm. Batang lurus berbentuk silindris dan tidak berbanir. Kulit luar berwarna cokelat kehitaman, beralur dangkal seperti sisik, sedangkan kulit batang berwarna abu-abu dan halus ketika masih muda, berubah menjadi cokelat tua, beralur dan mengelupas setelah tua. Mahoni baru berbunga setelah berumur 7 tahun, mahkota bunganya silindris, kuning kecoklatan, benang sari melekat pada mahkota, kepala sari putih, kuning kecoklatan. Buahnya buah kotak, bulat telur, berlekuk lima, warnanya cokelat. Biji pipih, warnanya hitam atau cokelat. Mahoni dapat ditemukan tumbuh liar di hutan jati dan tempat-tempat lain yang dekat dengan pantai, atau ditanam di tepi jalan sebagai pohon pelindung. Tanaman yang asalnya dari Hindia Barat ini, dapat tumbuh subur bila tumbuh di pasir payau dekat dengan pantai.

Inilah Kandungan Serta Manfaat Biji Buah Mahoni Untuk Kesehatan

Mahoni bersifat anti-jamur dan anti-piretik (menurunkan panas). Buah pahit ini juga berguna untuk menurunkan hipertensi, mengembalikan selera makan, menyembuhkan demam, dan meningkatkan immunitas. Manfaat paling besar dari biji mahoni ialah sebagai obat malaria dan diabetes. Sedangkan efek samping penggunaan biji mahoni dalam dosis berlebihan mampu memicu terbentuknya batu empedu.

  • Menjadikan jantung lebih sehat
    Kandungan flavonoid yang terdapat dalam biji mahoni berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi darah. Sedangkan saponin sangat berguna untuk kesehatan jantung. Kombinasi dari 2 senyawa tersebut menjadi sempurna dan memiliki manfaat untuk jantung kita supaya lebih sehat.
  • Menjaga kondisi gula darah
    Kandungan saponin bermanfaat untuk mengalirkan gula darah secara lancar. Sehingga kadar gula darah tetap dalam kondisi normal.
  • Berfungsi sebagai obat serangga yang alami
    Biji mahoni yang sudah dihaluskan jadi bubuk, memiliki manfaat untuk suplemen kekebalan tubuh agar terlindungi dari bahaya gigitan serangga. Hal ini, karena salah satu kegunaan saponin yaitu mencegah serangga.
  • Untuk memperlancar buang air besar
    Membantu dalam kelancaran proses metabolisme. Sehingga ia mampu melancarkan buang air besar. Caranya yaitu dengan menghaluskan biji mahoni terus disedu dengan air hangat. Kemudian diminum.
  • Meminimalisir rasa sakit ketika haid
    Ketika wanita mengalami haid, biasanya rasa sakit dan nyeri pasti terasa. Salah satu cara untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri ialah memakan biji mahoni.
  • Dapat meningkatkan kesuburan hormon pria dan wanita.
    Agar hubungan suami istri menjadi lebih harmonis, jaga selalu vitalitas supaya selalu fit diperlukan suplemen. Salah satu suplemen alami ialah buah mahoni.
  • Mengurangi Alzheimer
    Jika menderita penyakit Alzheimer, dapat menambahkan buah mahoni ke dalam makanan, misalnya bubuk biji mahoni yang di seduh bersama dengan secangkir susu. Penyakit Alzheimer tidak dapat disembuhkan dan tidak regeneratif, oleh karena itu bentuk-bentuk bantuan untuk bertahan hidup seperti ini sangat diperlukan.
  • Tingkat Kehamilan
    Jika sedang mencoba untuk hamil dan memulai sebuah keluarga, namun tidak mampu melakukannya karena impotensi, buah mahoni dapat memberikan keajaiban. Daging buahnya yang dikonsumsi dapat meningkatkan peluang kesuburan.

Manfaat Mahoni yang Lainnya

Ekstrak buah mahoni dan biji mahoni bubuk keduanya merupakan suplemen gizi yang dapat diambil untuk berbagai hasil positif. Manfaat kesehatan dari buah mahoni dan biji mahoni lainnya meliputi :

-memerangi radikal bebas dengan antioksidan
-menurunkan membangun lemak dalam aliran darah
-menurunkan kadar kolesterol dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh
-mengambil suplemen biji mahoni teratur dapat membantu Anda meningkatkan kesehatan Anda dalam berbagai cara, dan dengan demikian menyebabkan lebih kesejahteraan umum.

Cara konsumsi biji buah mahoni

1. Cara pertama, Anda bisa langsung makan biji mahoni setelah kulit luarnya sudah dikupas. Ini bisa dilakukan kalau Anda tahan rasa pahitnya.
2. Cara kedua yaitu, seduh bubuk yang dibuat dari biji mahoni yang telah ditumbuk halus ke dalam air panas.
3. Selain itu, ada juga berbagai ekstrak biji mahoni kini dibuat. Ada yang dikemas dengan bentuk serbuk, kapsul, minyak esensial, serbuk instan, dll. Pilih sesuai selera yang anda suka.
4. Untuk membuat serbuk, keringkan biji mahoni selanjutnya giling sampai halus.

Efek samping penggunaan mahoni

Konsumsi biji mahoni secara berlebihan mampu memicu timbulnya kolesterol di dalam cairan empedu. Ia mampu menyebabkan batu empedu. Hal ini karena adanya kandungan saponin dan flavonoid dalam mahoni. Jadi, dosis paling banyak per hari yaitu 200 mg.

Flavonoid yang terkandung di dalam mahoni memang efektif untuk menurunkan hipertensi. Namun apabila penggunaannya secara berlebih, ia mampu menyebabkan efek tidak baik bagi tubuh. Jadi, anda harus baik dan bijak dalam memakan biji ini. Menurut para ahli herbal, dosis yang sempurna dalam memakan biji mahoni yaitu 1 biji per harinya. Ini jikalau biji tersebut dimakan sebagai obat alami. Sedangkan dalam bentuk ekstrak, anda mampu menyesuaikan dosisnya.

Terus kunjungi situs http://obatlemahsyahwatpalingampuh.alfianherbal.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya , karena kami akan terus update setiap harinya.

Baca juga : Berbagai Manfaat Daging Serta Kulit Buah Mangga

Manfaat Biji Buah Mahoni Untuk Kesehatan

label, , , ,

About the author

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *