Manfaat Buah Tomat Terhadap Kesehatan

Berbagai manfaat buah tomat terhadap kesehatan dan kecantikan kulit

Manfaat buah tomat terhadap kesehatan dan kecantikan kulit yang bersumber vitamin C.

Selamat datang dan terimakasih karena telah berkunjung kesalah satu situs resmi milik alfian herbal yang merupakan agen resmi pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya di indonesia. Dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi kesehatan seputar manfaat buah tomat terhadap kulit.

Tomat (Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum) adalah tumbuhan dari keluarga Solanaceae, tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru. Tomat merupakan tumbuhan siklus hidup singkat, dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter. Tumbuhan ini memiliki buah berawarna hijau, kuning, dan merah yang biasa dipakai sebagai sayur dalam masakan atau dimakan secara langsung tanpa diproses. Tomat memiliki batang dan daun yang tidak dapat dikonsumsi karena masih sekeluarga dengan kentang dan Terung yang mengadung Alkaloid.

Sejarah Buah Tomat

manfaat buah tomat terhadap kesehatanMenurut tulisan karangan Andrew F. Smith “The Tomato in America”, tomat kemungkinan berasal dari daratan tinggi pantai barat Amerika Selatan. Setelah Spanyol menguasai Amerika Selatan, mereka menyebarkan tanaman tomat ke koloni-koloni mereka di Karibia. Spanyol juga kemudian membawa tomat ke Filipina, yang menjadi titik awal penyebaran ke daerah lainnya di seluruh benua Asia. Spanyol juga membawa tomat ke Eropa. Tanaman ini tumbuh dengan mudah di wilayah beriklim Mediterania.

Dari ukuran dan bentuk, tomat dikelompokkan sebagai berikut:

-granola yang bentuknya bulat dengan pangkal buah mendatar dan mencakup yang biasanya dikenal sebagai tomat buah (karena dapat dimakan langsung),
-gondol yang biasa dibuat saus dengan bentuk lonjong oval (biasanya yang ditanam di Indonesia adalah kultivar ‘Gondol Hijau’ dan ‘Gondol Putih’, dan keturunan dari kultivar impor ‘Roma’) dan termasuk pula tomat buah,
sayur adalah tomat dengan buah biasanya padat dan dipakai untuk diolah dalam masakan
-ceri (tomat ranti) yang berukuran kecil dan tersusun berangkai pada tangkai buah yang panjang.

Tomat merupakan salah satu buah yang relatif murah meriah dalam hal harganya dipasaran. Sehingga tak mengherankan, tomat selalu ada di dapur ataupun kulkas anda. Meskipun begitu, banyak sekali kandungan nutrisi dalam buah merah menyala tersebut. Berdasarkan faktanya, buah ini merupakan sumber vitamin A, C, K, kalium, folat, thiamin, niacin, vitamin B6, magnesium, fosfor, tembaga serta rendah sodium, lemak jenuh, kalori maupun kolesterol. Inilah yang menjadikan tomat menjadi salah satu buah yang wajib dikonsumsi sehari-hari.

Inilah Berbagai Macam Manfaat Buah Tomat Terhadap Kesehatan Tubuh

-Menurunkan resiko Kanker
Karena tomat mengandung berbagai antioksidan kuat seperti vitamin C dan likopen, maka sering makan tomat bisa membantu mencegah pembentukan radikal bebas yang telah diketahui bisa menyebabkan kanker, termasuk jenis yang paling umum yaitu kanker prostat, dan kanker kolorektal(kanker usus). Likopen dalam tomat dikaitkan menurunkan resiko kanker prostat,  sementara betakaroten yang tinggi pada tomat dikaitkan dengan pencegahan kanker kolorektal.

Menurut American Cancer Society , beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa orang dengan diet kaya tomat mungkin memiliki risiko lebih rendah terhadap jenis kanker tertentu, terutama kanker prostat, kanker paru, dan kanker kolorektal. Penelitian lebih lanjut berbasis manusia masih diperlukan untuk mengetahui apa sebenarnya peran likopen dalam pencegahan atau pengobatan kanker.

-Menormalkan Tekanan darah
Mengurangi asupan natrium sangat penting untuk menurunkan tekanan darah bagi penderita hipertensi, namun meningkatkan asupan kalium juga mungkin sama pentingnya karena efek vasodilatasinya. Menurut literatur, asupan kalium tinggi dikaitkan dengan penurunan risiko kematian dari semua penyebab hingga 20%. Dalam hal ini tomat juga tinggi akan kandungan kalium.

-Menyehatkan jantung
Serat, kalium, vitamin C, dan, kolin adalah senyawa yang ditemukan dalam jumlah cukup baik pada buah tomat, dan semuanya sangat diperlukan untuk mendukung kesehatan jantung. Peningkatan asupan kalium yang disertai dengan menurunkan asupan natrium adalah perubahan pola makan yang paling penting untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Asupan tinggi kalium juga terkait dengan penurunan risiko stroke, mencegah kehilangan massa otot, menjaga kepadatan mineral tulang, serta menurunkan pembentukan batu ginjal.

-Manfaat bagi diabetes
Penelitian telah menunjukkan bahwa penderita diabetes tipe dengan diet tinggi serat memiliki kadar glukosa darah yang rendah, dan pada diabetes tipe 2 mungkin mendapatkan manfaat untuk kadar gula darah, lipid, dan kadar insulin. Secangkir tomat menyediakan sekitar 2 gram serat.

-Meremajakan Kulit
Keberadaan Kolagen(zat yang mendukung kulit), keberadaannya sangat bergantung pada vitamin C. Hal ini karena vitamin C adalah nutrisi penting yang bekerja dalam tubuh sebagai antioksidan, yang berguna untuk mencegah kerusakan kulit akibat panas matahari, polusi, kerutan, dan secara keseluruhan meningkatkan tekstur kulit.

-Mencegah sembelit
Sembelit adalah kondisi yang sangat menyiksa, dan jika sering terjadi bahkan bisa meningkatkan resiko kanker usus. Makan makanan yang tinggi kandungan air dan serat seperti halnya tomat bisa membantu untuk terhidrasi dan melancarkan BAB. Serat sangat penting untuk meminimalkan kejadian sembelit dan mengeluarkan seluruh feses tanpa tersisa.

-Manfaat bagi kehamilan
Tomat mengandung folat, dimana nutrisi yang bernama folat ini sangat terutama bagi wanita hamil. Hal ini berguna untuk melindungi janin dari resiko cacat tabung saraf.

-Mencegah depresi
Selain penting bagi janin, Asam folat dalam tomat juga bisa membantu meredakan depresi dengan cara mencegah kelebihan pembentukan homosistein dalam tubuh. Kelebihan hormon ini bisa menghambat darah dan nutrisi untuk mencapai otak. Kelebihan homosistein juga akan mengganggu produksi hormon bahagia yaitu serotonin, dopamine, dan norepinephrine, yang mengatur suasana hati, tidur dan nafsu makan juga.

Tomat adalah termasuk buah yang paling banyak menerima insektisida, sehingga jika kurang baik membersihkannya bisa berakibat buruk jika dikonsumsi dalam jangka panjang. Bagi orang yang menderita maag atau gangguan lambung, disarankan menghindari tomat karena asamnya bisa memperparah gejala. Orang dengan fungsi ginjal yang tidak normal, serta orang yang mengambil obat beta blocker(obat resep umum untuk sakit jantung), tidak boleh berlebihan kalium – tanyakan pada dokter Anda. Namun bagi orang sehat, rutin mengkonsusi bermacam buah dan sayur seperti tomat akan banyak membawa banyak manfaat untuk kesehatan yang lebih baik.

Khasiat Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Kulit dan Wajah

Tomat Dapat Mengatasi Komedo, Muka Kering Kusam, Dan Berminyak
Salah satu manfaat yang bisa anda dapatkan dari buah tomat ialah dapat membantu anda untuk mengatasi masalah komedo yang membandel diwajah serta bermanfaat untuk mengurangi produksi minyak yang berlebihan diwajah anda. Dan yang tak kalah penting, tomat juga dapat membantu anda mengatasi masalah kulit kering kusam.

Perawatan buah tomat untuk wajah dapat menghasilakan suatu yang sangat maksimal jika anda mengkombinasikan dengan buah alpukat. Adapun cara untuk menggunakan buah tomah untuk perawan wajah alami adalah sebagai berikut:

-Ambil satu buah alpukat dan satu buah tomat
-Kemudian haluskan dengan menggunakan blender
-Setelah buah alpukat dan tomat halus menjadi jus, oleskan ke area wajah anda untuk masker alaminya.
-Diamkan terlebih dahulu jangan anda basuh muka anda kurang lebih 15-30 menitan.
-Setelah masker menempel 30 menitan, basuhlah muka anda menggunakan air bersih dan keringkan mengunkan handuk halus.

Sebagai Masker Tabir Surya Wajah
Sebagai tabir surya?? Hmmmmm, bisa gak yahh?? Nah jika anda adalah salah satu orang yang sering beraktifitas diluar ruangan, tak ada salahnya untuk mencoba cara alami ini, sehingga kulit anda bisa terlindungi secara alami dari panasnya sinar matahari.

Selain sebagai tabir surya alami, tomat juga dapat membantu anda untuk mengatasi masalah peradangan yang ditimbukanl karena terbakar panasnya sinar matahari.

Adapun caranya adalah dengan menghaluskan buah tomat, kemudian campur dengan sedikit yogurt, setelah itu anda dapat mengoleskannya ke area wajah secara merata. Diamkan 20-30 menit untuk masker alami.

Menghilangkan jerawat.
Kenapa buah tomat bisa kita jadikan bahan alami untuk mengatasi masalah jerawat pada wajah anda, karena buah tomat mengandung beberapa vitamin C, A, dan K, vitamin inilah yang dapat membantu kita untuk mengatasi masalah jerawat.

Adapun cara pengaplikasiannya anda dapat membacanya lengkap di artikel cara menghilangkan jerawat dengan menggunkan buah tomat berikut.

-Mengatasi masalah Pori-pori
-Adapun cara pengaplikasiannya adalah sebagai berikut:
-Siapkan jus tomat yang masih segar sekitar satu sendok makan
-Kemudian tambahkan perasan air jeruk nipis yang masih segar sekitar 2-4 tetes.
-Ambil kapas kemudian bentuk menjadi bulat.
-Celupkan kapas ke jus tomat bercampur air jeruk nipis dan oleskanlah ke area wajah anda dan berikan sentuhan hangat memijit memutar sebentar saja.
-Diamkan kurang lebih 15 menit dan basuh dengan air bersih, jika ada air dingin.
-Untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukan cara ini minimal 2 hari sekali sampai pori-pori mengecil.

Terus kunjungi situs http://obatlemahsyahwatpalingampuh.alfianherbal.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya, karena kami akan terus update setiap harinya. Baca juga : Hal Tak Terduga Yang Baik Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Tomat Terhadap Kesehatan

label, , , , , ,

About the author

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *