in Artikel Kesehatan

Manfaat Minyak Cengkeh Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Minyak Cengkeh Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Salah satu rempah-rempah primadona ini menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan. Simak sampai tuntas manfaat minyak cengkeh untuk kesehatan dan kecantikan.

Selamat datang di http://obatlemahsyahwatpalingampuh.alfianherbal.com/ salah satu situs resmi milik Alfian Herbal yang merupakan agen resmi pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya di indonesia. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi seputar manfaat minyak cengkeh untuk kesehatan dan kecantikan.

Manfaat minyak cengkeh untuk kesehatan dan kecantikan pada umumnya sudah tidak di ragukan lagi, bahkan bisa dikaitkan dengan antimikroba, antijamur, antiseptik, antivirus, serta afrodisiak. Minyak esensial ini bisa untuk mengobati berbagai macam gangguan kesehatan seperti sakit gigi, gangguan pencernaan, batuk, asma, sakit kepala, stres dan darah kotor.

Senyawa Yang Terkandung dalam Cengkah

Cengkeh adalah salah satu tanaman rempah-rempah asli Indonesia yang sangat dibutuhkan terutama sebagai bumbu masakan, tidak hanya di Indonesia, namun nyaris di seluruh negara-negara di dunia. Salah satu kekayaan tanah air yang hanya dapat tumbuh subur di iklim tropis ini menyimpan begitu banyak manfaat untuk kesehatan. Aroma khas yang dimiliki oleh cengkeh merupakan hasil dari senyawa eugenol yang memiliki kadar kandungan 72 hingga 90 persen sebagai senyawa utama penyusun kandungan minyak atsiri di dalam cengkeh. Senyawa eugenol sendiri memiliki sifat anestetik (bius) serta antiseptik yang berfungsi untuk melenyapkan bakteri pada gigi dan menghilangkan bau mulut, sehingga minyak cengkeh banyak digunakan oleh dokter gigi sebagai bius untuk menghilangkan rasa sakit serta banyak pula digunakan sebagai campuran komposisi obat-obatan pada industri-industri farmasi.

manfaat minyak cengkeh untuk kesehatan dan kecantikanSelain senyawa eugenol, cengkeh juga memiliki kandungan zat baik lainnya, seperti minyak atsiri (senyawa asetil eugenol), vanilin, tanin, beta karoten yang kaya akan antisiokda, asam galotanan, rhamnetin, stigmasterol, metil salisilat yang bermanfaat untuk menghilangkan rasa nyeri, asam krategolat dan senyawa titerpenod (yang terdiri lagi atas asam oleanolat, stigmasterol, serta kampesterol), senyawa flavonoid yang kaya akan anti inflamasi yang dapat membantu penderita rematik, mengobati peradangan hingga infeksi, serta kandungan beragam senyawa lainnya yang sama bermanfaat nya.

Inilah Manfaat Minyak Cengkah Untuk Kesehatan dan Kecantikan Yang Perlu Anda Ketahui

  • Mengatasi Sinusitis

Ada berbagai penelitian yang mengaitkan antara manfaat cengkeh dengan masalah sinusitis. Cara pemanfaatannya adalah dengan memanfaatkan bubuk cengkeh dan meletakkannya di bagian dalam hidung.

  • Menyehatkan jantung

Sudah sejak lama penyakit jantung menjadi momok menakutkan penduduk dunia. Kandungan Eugenol pada cengkeh berfungsi untuk mencegah pembekuan pada darah yang mencegah terjadinya penyakit jantung dan stroke.

  • Meredakan batuk

Mengunyah cengkeh dapat menyembuhkan batuk yang disebabkan oleh gatal yagn terdapat di tenggorokan. Rasanya mungkin sedikit getir dan ada pahitnya, tetapi kandungan kimia dalam cengkeh adalah ekspektoran alami yang mengencerkan dahak.

  • Meringankan Infeksi saluran pernafasan

Cengkeh memiliki berbagai kandungan antioksidan dan berbagai zat yang dapat menghilangkan rasa sakit serta membunuh kuman yang menyebabkan infeksi saluran pernafasan.

  • Cengkeh Untuk Kulit

Manfaat cengkeh juga sangat baik untuk membantu masalah kecantikan kulit dan memberikan efek penting untuk jangka panjang.

  • Mengatasi Jerawat

Minyak cengkeh merupakan salah satu herbal yang dari berbagai penelitian yang sangat ampuh untuk menghilangkan jerawat. Caranya sangat mudah yaitu dengan mengoleskannya pada daerah jerawat tersebut. Kemungkinan jerawat yang tersebar di wajah mungkin dapat dihilangkan dengan membunuh bakteri dengan bantuan sifat antimikroba dari minyak cengkeh.

  • Menghilangkan noda dan guratan di kulit

Minyak cengkeh adalah salah satu herbal yang penting untuk menghilangkan noda dan guratan di kulit yang disebabkan oleh luka atau penyebab lainnya. Minyak ini dapat membantu membuat kulit lebih lembut agar tidak tampak jelek jika terkena guratan.

  • Sumber antioksidan

Minyak esensial cengkeh kaya akan mineral, seperti kalium, natrium, fosfor, besi dan vitamin A dan C. Sangat jarang herbal yang berbentuk minyak memiliki properti yang dapat memiliki antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan kulit dan wajah.

  • Dapat mengatasi pilek

Jika anda pilek, ada baiknya anda mencampurkan minyak cengkeh dengan madu lalu meminumnya satu – dua kali satu hari untuk memberikan efek hangat. Selain itu mengoleskan minyaknya pada hidung juga dapat membantu meringankan pilek.

  • Menjaga tubuh tetap hangat

Cengkeh merupakan salah satu herbal yang dapat menjaga tubuh agar tetap hangat baik jika di kunyah secara langsung ataupun dengan mengoleskan minyak di bagian tubuh yang dingin juga sangat efektif memberikan rasa hangat.

Sekian yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat minyak cengkeh untuk kesehatan dan kecantikan, semoga artikel sederhana yang kami kutip ini bermanfaat untuk anda semua. Baca juga : Tips Atasi Mastitis Kendala Para Ibu Menyusui

Terus kunjungi situs http://obatlemahsyahwatpalingampuh.alfianherbal.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya, karena kami akan terus update setiap harinya.

Manfaat Minyak Cengkeh Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Written By:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *