Manfaat Tahu Untuk Menyembuhkan Penyakit

Tahu merupakan makanan yang relatif murah dan mudah didapat serta banyak memiliki manfaat, ketahui beberapa manfaat tahu untuk menyembuhkan penyakit!.

Tahu telah mengalami indigenisasi di Indonesia sehingga muncul berbagai varian tahu serta panganan berbahan tahu. Tampilan luar tahu ada yang berwarna putih maupun kuning. Karena populernya, tahu menjadi bagian tak terpisahkan tempat makan berbagai tingkat sosial di Indonesia, bersama-sama dengan tempe.

Fakta unik mengenai tahu :

Tahu atau tofu adalah ragam makanan yang merupakan hasil olahan dari kedelai kuning. Proses pembuatan tahu sendiri memakan waktu yang cukup lama. Mulai dari mencuci kedelai, merebus kedelai, hingga mencetak ampas kedelai menjadi tahu. Proses yang cukup melelahkan namun setara dengan banyak manfaat yang akan diperoleh bagi siapapun yang mengkonsumsinya. Tahu dapat diolah menjadi ragam jenis menu masakan yang lezat. Mulai dengan digoreng, dikukus, direbus, sampai diolah menjadi minuman. Rajin mengkonsumsi tahu maka tubuh Anda akan sehat. Manfaat tahu memang tidak kalah dengan ragam makanan yang lain. Dan sudah terbukti dalam sebuah jurnal yang berjudul American Journal of Clinical Nutrition seperti yang disebutkan dalam salah satu media sosial menyatakan tahu dapat mengurangi risiko penyakit kolesterol.

1. Tahu menyediakan cukup nutrisi

Tahu kaya akan protein, zat besi dan kalsium. Makanan ini dikemas dengan 10 gram protein per setengah cangkir penyajian. Tahu juga mengandung isoflavon kedelai yang ditemukan efektif dalam mencegah kanker. Tahu juga memiliki delapan dari asam amino esensial yang tidak dapat disintesis dari senyawa lain dalam tubuh manusia.

2. Tahu baik untuk diet

Tahu adalah makanan yang baik untuk mengendalikan berat badan. Makanan ini dapat memberikan energi dan nutrisi untuk tubuh, serta rendah kalori dan kolesterol. Tahu tidak mengandung lemak jenuh dan sangat rendah lemak lho.

3. Tahu tidak akan membuat Anda jadi seorang gay

Ini adalah mitos umum yang menyatakan bahwa tahu mengandung estrogen yang dapat membuat pria memiliki karakter feminin yang lebih kuat. Studi tertentu menunjukkan bahwa kedelai berbahaya bagi anak laki-laki selama masa pubertas. Tetapi, beberapa penelitian lain menunjukkan bahwa hal ini tidak benar karena tahu mengandung phytochemical isoflavon yang jatuh dalam “phytoestrogen” atau “tanaman” dalam kategori estrogen.

4. Terlalu banyak tahu tidak baik untuk kesehatan

Karena adanya kandungan isoflavon, hypoythyroidism merupakan salah satu risiko mengonsumsi tahu terlalu banyak. Hal ini juga ditemukan terkait dengan penurunan kognitif dan atrofi otak di kemudian hari. 

*Kandungan pada tahu

Di dalam 100gram tahu terkandung berbagai macam gizi dan berbagai macam vitamin yang diperlukan untuk tubuh dan digunakan untuk kesehatan di dalam tubuh kita.

Berikut kandungan – kandungan yang terdapat dalam 100 gram tahu, yaitu :

-Nilai gizi tahu atau tofu per 100 gram             : 3,5 oz
-Jumlah energi pada tahu                                    : 318 kJ (76 kcal)
-Jumlah karbohidrat pada tahu                          : 1,9 gram
-Jumlah lemak pada tahu                                    : 4,8 gram
-Jumlah lemak jenuh pada tahu                         : 0,7 gram
-Jumlah protein pada tahu                                  : 8,1 gram
-Jumlah zat besi pada tahu                                  : 1 mg
-Jumlah kalsium pada tahu                                 : 350 gram (35%)
-Jumlah magnesium pada tahu                           : 30 mg (8%)
-Jumlah sodium pada tahu                                  : 7mg (0%)
-Jumlah kandungan vitamin A pada tahu         : 0 IU
-Jumlah kandungan vitaman B1 pada tahu      : 0,06 mg
-Jumlah kandungan vitaman C pada tahu        : 0 mg

*Ciri-ciri tahu yang layak dikonsumsi dan tahu berformalin

Para penggemar tahu harus ekstra hati-hati dalam memilih makanan kegemarannya. Sebab kalau tidak hati-hati, tahu yang tiap hari kita konsumsi itu akan meracuni tubuh kita dengan formalin. Formalin adalah metanal (formaldehida, H.CO.H) yang dilarutkan dalam air dengan kadar 40%. Memiliki sifat mematikan bakteri dan mengawetkan, hingga banyak digunakan sebagai zat antiseptik dan desinfektan. Dalam kehidupan sehar-hari, formalin sering digunakan untuk mengawetkan jenasah serta bahan organik di laboratorium.

manfaat tahu untuk menyembuhkan penyakitSebenarnya formalin tidak pernah direkomendasikan oleh Departemen Perindustrian maupun Departemen Kesehatan untuk mengawetkan bahan pangan. Tetapi karena bahan ini sangat murah dan mudah diperoleh, para pelaku industri pangan banyak yang memanfaatkannya untuk mengawetkan bahan makanan. Salah satu bahan pangan yang sering diawetkan dengan formalin adalah tahu. Sebab bahan pangan ini akan cepat sekali rusak dalam suhu kamar di ruang terbuka. Dengan formalin, tahu bisa tetap dalam kondisi baik sampai beberapa hari.

Namun formalin tidak direkomendasikan sebagai pengawet bahan pangan, karena potensial menimbulkan gangguan kesehatan terutama gangguan hati atau lever. Sementara tahu yang diawetkan dengan formalin, rasanya juga akan berubah. Para pengusaha tahu, biasanya melakukan pengawetan dengan mencampurkan formalin pada waktu proses produksi, atau pada air untuk merendam produk jadi. Pada cara pertama, akan banyak formalin yang terserap oleh tubuh konsumen. Sementara para cara kedua kadar formalin yang ikut termakan relarif kecil. Namun pengawetan bahan pangan ini dengan formalin tetap bisa membahayakan kesehatan.

Ciri khas tahu yang menggunakan formalin adalah, kalau digoreng, bagian yang kering akan mengeras dan liat. Sementara tahu tanpa bahan pengawet, kalau digoreng bagian yang kering akan renyah atau tetap empuk. Perhatikan teksturnya, tahu yang bebas formalin akan terasa padat. Baunya juga tidak asam dan bebas dari lender. Tahu yang baik adalah tahu yang tidak bisa bertahan hingga 12 jam. Jadi jika Anda menyimpan tahu dalam lemari es misalnya selama lebih dari 12 jam tersebut, maka sebaiknya Anda tidak memakannya.

Beikut Inilah Manfaat Tahu Untuk Menyembuhkan Penyakit

Menyembuhkan Kolesterol Jahat
Mengkonsumsi tahu seperti yang sudah secara singkat disebutkan dapat menyebuhkan penyakit kolesterol memang benar. Kolesterol jahat yang secara sengaja maupun tidak sengaja masuk ke tubuh maka mampu diberantas ketika Anda mengkonsumsi tahu. Tidak tanggung-tanggung hampir setengah keberadaan kolesterol jahat yang ada akan diberantas oleh tahu. Sehingga Anda tidak akan khawatir mengalami gangguan aliran darah akibat penumpukan kolesterol jahat.

Menyembuhkan Penyakit Diabetes
Penderita diabetes tentu akan semakin tidak terkontrol gula darahnya ketika sudah memerlukan suntik insulin. Penyakit diabetes sebenarnya tidak dapat disembuhkan namun dapat dikurangi. Kadar gula darah yang tinggi dapat diturunkan dengan Anda mengkonsumsi olahan tahu. Sebab kandungan dalam tahu yang paling banyak adalah sumber gizi protein.

Menyembuhkan Penyakit Osteoporosis
Siapa yang sudah lanjut usia maka dianjurkan untuk tertaur mengkonsumsi tahu. Kesehatan tulang yang mulai tidak terkendali karena semakin rapuh perlu dijaga dengan konsumsi tahu. Manfaat tahu juga berpotensi untuk menyembuhkan penyakit osteoporosis. Lebih tepatnya meminimalisir gangguan yang diakibatkan penyakit tersebut. Sumber gizi kalisum di dalam kedelai itulah yang bermanfaat dalam penyembuhan.

Selain sembuhkan beberapa penyakit, tahu juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Berikut beberapa manfaat tahu untuk kecantikan :

Tahu, makanan favorit semua kalangan ini merupakan salah satu makanan yang kaya akan protein. Olahan biji kedelai bertekstur lembut ini bisa dimasak menjadi beragam makanan. Yap tahu tidak hanya lezat dan rendah kalori, tapi juga memiliki banyak manfaat. Dilansir dari Mag For Woman inilah beberapa manfaat baik untuk kesehatan yang didapatkan untuk kamu yang suka mengkonsumsi tahu :

Membuat kulit sehat
Wah, satu lagi kebaikan tahu untuk para wanita. Tahu dapat menjaga elastisitas kulit dan menunda proses penuaan dini. Mineral, vitamin dan protein dalam tahu menjadi sumber nutrisi yang sangat dibutuhkan kulit.  Makanan ini juga dapat mengecangkan otot. Dan ternyata tahu juga bisa digunakan sebagai masker wajah yang berguna untuk mengecangkan wajah.

Meningkatkan produksi oksigen dalam darah
Karena tahu kaya akan zat besi, tahu bermanfaat baik untuk peredaran darah. Zat besi dalam dalam tahu meningkatkan produsi oksigen yang baik dalam membantu proses pembentukan hemoglobin dalam darah.

Membuat rambut tumbuh sehat
Keratin adalah jenis protein yang merupakan salah satu komponen utama yang membentuk rambut. Tahu sendiri adalah salah satu sumber protein. Suka makan tahu bisa mencukupi asupan keratin untuk rambut. Sehingga tahu sangat baik bagi pertumbuhan rambut yang sehat.

Terus kunjungi situs http://obatlemahsyahwatpalingampuh.alfianherbal.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya, karena kami akan terus update setiap harinya.

Manfaat Tahu Untuk Menyembuhkan Penyakit

label, , , , , ,

About the author

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *