Tips Agar Tubuh Tetap Berenergi Saat Berpuasa

Tips agar tubuh tetap berenergi saat berpuasa sangat penting untuk diketahui, karena secara fisik, anda akan menghadapi fase terberat di bulan puasa.

Selamat datang di salah satu situs resmi milik alfian herbal yang merupakan agen resmi pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terbesar di indonesia. Untuk kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi mengenai kesehatan yang akan meliputi seputar tips agar tubuh tetap berenergi saat berpuasa. Berpuasa tidak hanya berhubungan dengan menahan haus dan juga menahan lapar, akan tetapi juga berhubungan dengan menahan emosi dan hawa nafsu lainnya. Namun sayangnya, perut yang kosong dan kerongkongan yang haus tak akan mendukung kesabaran anda dalam menahan emosi. Karena itulah anda harus memiliki rahasia khusus saat berpuasa agar tetap merasa segar dan bugar, pikiran tenang dan bisa memanage badan dan pikiran serta emosi tetap stabil. Apabila anda bisa tetap menjaga ketiga unsur tersebut dengan baik dan stabil, maka dijamin puasa anda akan aman lancar sehingga anda bisa beribadah dengan tenang. 

Ragam Makna Berpuasa Serta Tips Yang Dapat Anda Lakukan Ketika Berpuasa

Tips Agar Tubuh Tetap Berenergi Saat BerpuasaPengertian puasa dalam kaidah bahasa bisa diartikan sebagai menahan. Menahan di sini, yaitu menahan dari hal-hal yang masuk ke dalam mulut dalam bentuk makanan dan minuman, bahkan juga diartikan menahan dari perbuatan dan bicara.

Dalam petikan surat Maryam ayat 26 dijelaskan bahwa, ”Sesungguhnya aku telah Aku telah bernazar berpuasa demi Tuhan yang Maha Pemurah, bahwasanya Aku tidak akan berbicara dengan seorang manusia pun pada hari ini.”

Sementara Pengertian puasa menurut secara syariah Islam disepakati para ulama, yaitu menahan dari apa pun yang membatalkan puasa, disertai niat untuk berpuasa dari terbit fajar sampai tenggelam matahari (maghrib). Ada pula sebagian ulama yang mendefinisikan kata-kata ’membatalkan puasa’ itu sebagai perbuatan dua anggota badan, yaitu perut dan alat kelamin.

Dalam selain agama Islam, dikenal pula kegiatan puasa. Para pendeta, misalnya senantiasa melaksanakan puasa untuk menambah pahala, kaum Yahudi pun mengenal puasa bicara. Puasa bagi umat Buddha dan sebagian Yahudi merupakan bagian dari kegiatan bertapa.

Bagi umat muslim, salah satu hikmah melaksanakan puasa adalah untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt dan memperoleh derajat yang agung di hadapan Allah Swt berupa ketakwaan. Hal ini seperti dijelaskan dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah ayat 183, yang artinya, ”Hai orang-orang yang beriman telah diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkannya atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertakwa.”

Selain puasa sebulan penuh pada bulan Ramadhan, umat muslim mengenal puasa lain yang sifatnya sunah, seperti puasa Senin-Kamis, yakni puasa setiap hari Senin dan Kamis saja. Karena sifatnya puasa sunah, maka tidak ada kewajiban dan paksaan dalam pelaksanaannya.

Di samping puasa Senin-Kamis dikenal pula puasa nazar, yaitu puasa atas sebab atau tujuan tertentu yang diniatkan akan berpuasa apabila sebab-sebab itu terjadi. Misalnya, seseorang bernazar ”Saya akan puasa seminggu penuh kalau diterima jadi pegawai negeri sipil”. Setelah ia berhasil menjadi PNS, maka terkena hukum wajib untuk puasa seminggu penuh tersebut sampai kapan pun dan akan menjadi utang manakala belum dilaksanakan.

Sebagian ulama berpendapat bahwa apabila seseorang tidak dapat melaksanakan puasa nazar, maka ia wajib memerdekakan budak sahaya atau kalau tidak ada, ia wajib memberi makan dan pakaian kepada sepuluh orang miskin.

Puasa-puasa sunah lain di antaranya adalah puasa nisfu Sya’ban yang dilaksanakan pada awal atau pertengahan bulan Sya’ban, puasa pertengahan bulan, puasa Asyura yang dilaksanakan setiap tanggal 10 Muharam, puasa Arafah yang dilaksanakan pada tanggal 9 bulan Haji untuk orang yang tidak sedang melaksanakan haji, atau puasa 6 hari di bulan Syawal sebagai puasa sunah penyempurna ibadah puasa Ramadhan.

Niat Puasa Wajib atau Puasa Ramadhan biasanya di baca bersama-sama ketika kita selesai menjalankan ibadah shalat tarawih. Namun, apabila tidak mengikuti shalat tarawih, maka doa niat puasa ramadhan dapat dilakukan dirumah yang penting berdoa puasa sebelum waktu imsak.

Jika kita berdoa atau niat puasa ramadhan sudah memasuki waktu imsak dan atau waktu subuh, maka niat kita tidak di benarkan. Untuk itu, selama bulan ramadhan kita harus tahu jadwal imsakiyah puasa 2012 sesuai wilayah kita masing-masing.

Berikut bacaannya dalam bahasa arab

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هَذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SAUMA GHADIN ‘AN ADAI FARDLI SYAHRI RAMADHAANA HADZIHISSANATI LILLAAHI TA’ALA.

“Sengaja aku berpuasa esok hari untuk menunaikan fardhu puasa pada bulan Ramadhan bagi tahun ini karena Allah Taala”

Siapa saja yang diwajibkan untuk berpuasa?

Puasa Ramadhan adalah wajib atas setiap muslim, laki-laki atau perempuan, yang memiliki kualifikasi ini:

->Secara mental dan fisik fit, yang berarti waras dan mampu.
->Untuk menjadi dewasa, usia pubertas dan yang biasanya sekitar umur empat belas. Anak di bawah usia ini harus didorong untuk memulai praktek yang baik pada tingkat mudah, sehingga ketika mereka mencapai usia pubertas mereka akan mental dan fisik siap untuk menjalankan ibadah puasa.
->Tidak berada jauh di pemukiman permanen seseorang, kota asal Anda, pertanian seseorang, dan tempat usaha seseorang, dll Ini berarti Anda tidak berada dalam perjalanan sekitar lima puluh mil atau lebih.
->Merasa yakin bahwa puasa tidak mungkin menyebabkan Anda bahaya, fisik maupun mental, selain reaksi normal terhadap lapar, haus, dll.

Orang-orang yang tidak diwajibkan untuk berpuasa;

1) Anak di bawah usia pubertas, kurang dari 14 tahun
Anak anak tidak yang belum dianggap mampu berpuasa tidak diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Namun, sejak dini anak harus dibiasakan terlatih untuk berpuasa.
2) Pria dan wanita yang terlalu tua dan lemah untuk melakukan kewajiban berpuasa dan tidak dapat menanggung kesulitan nya.
Orang tersebut dibebaskan dari tugas ini, tapi mereka harus memberi makan, fakir miskin Muslim makanan penuh rata-rata atau setara nilai makanan orang per hari.
3) Sakit yang tidak diperbolehkan untuk berpuasa.
Setelah merasa mampu menjalankan, maka sudah sepantasnyalah ia menjalankan ibadah puasa.
4) Orang yang sedang dalam perjalanan tidak diwajibkan untuk berpuasa, namun ia dapat menggantinya di hari kemudian sesuia dengan jumlah hari yang ia tinggalkan.
5) Wanita hamil dan wanita menyusui anak-anak mereka juga dapat membatalkan puasa, jika puasa cenderung membahayakan kesehatan mereka sendiri atau bayi mereka. Tapi mereka harus menebus puasanya dikumudian hari, satu hari untuk satu hari.
6) Perempuan di masa-menstruasi.
Perlu dipahami di sini bahwa, seperti dalam semua usaha Islam lainnya, niat harus dibuat jelas, bahwa tindakan ini dilakukan dalam ketaatan kepada Allah, sebagai respons terhadap perintah-Nya dan usaha mendapat kasih-Nya.

Inilah Beberapa Tips Sederhana Agar Tubuh Tetap Berenergi Saat Berpuasa

Menurut Dr. Tirta Prawita Sari, MSc, Sp. Gk, Ketua Yayasan Gema Sadar Gizi, ketika sahur sebaiknya memilih makanan yang indeks glikemiknya (nilai karbohidrat) rendah. Dr. Tirta menyarankan untuk menghindari makanan seperti mi instan saat sahur, karena kandungan glikemiknya tergolong tinggi. Makanan yang indeks glikemiknya tinggi membuat seseorang lebih cepat lapar. Menurutnya, makanan berindeks glikemik tinggi sebaiknya dikonsumsi ketika berbuka. Adapun beberapa tips berikut ini bisa membantu puasa anda tetap optimal dan tubuh tetap berenergi sepanjang hari.

  • Utamakan buah dan sayuran

Buah dan sayuran adalah sumber elektrolit yang paling bagus bagi tubuh. Keseimbangan elektrolit dalam tubuh Anda sangat penting keberadaannya agar sel-sel dan berbagai organ dalam tubuh Anda berfungsi normal. Selain itu, kandungan seratnya membantu tubuh memperlambat proses pencernaan dan membuat Anda merasa tetap kenyang.

  • Pilih karbohidrat kompleks

Saat harus menahan rasa lapar selama 10-14 jam ketika berpuasa, tubuh Anda memerlukan pasokan nutrisi yang lambat cerna yakni karbohidrat kompleks yang bisa bertahan di tubuh Anda hingga delapan jam. Sementara makanan yang cepat cerna, hanya akan bertahan sekitar 3-4 jam. Karbohidrat kompleks akan memberikan energi pada tubuh dalam jangka panjang dan berkesinambungan karena dicerna secara perlahan –dengan kecepatan yang konsisten. Selain itu, juga mengandung serat, yang membuatnya makin lambat dicerna dan diserap oleh tubuh serta menstabilkan kadar gula darah. Kondisi ini membuat Anda merasa kenyang dan membangun mood yang lebih baik untuk menuntaskan puasa.

  • Mengonsumsi makanan tinggi serat

Saat sahur adalah masa dimana anda bisa memasukkan aneka macam vitamin dan berbagai macam kebutuhan tubuh lainnya, untuk makan sahur libatkan makanan-makanan berserat untuk disantap. Memang saat sahur seringkali malas untuk makan, apalagi makan makanan yang berserat atu yang berat-berat. Maka anda bisa mengkombinasikan antara nasi dan makanan berserat seperti sayuran atau kacang-kacangan, menjadi satu menu yang rasanya gurih dan kaya bumbu, misalnya pecel atau sejenisnya. Anda bisa menggunakan bumbu instan jika anda tak ingin repot menguleknya. Mengapa harus makan makanan yang berserat? karena makanan yang tinggi serat dapat memberikan efek kenyang yang lama sehingga anda tidak akan mudah lapar. Hal itu akan sangat membantu jalannya puasa anda pada siang harinya.

  • Mengonsumsi makanan berprotein

Selain mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi, mengonsumsi makanan berprotein seperti ikan, olahan ayam, telur, dan tahu juga sangat penting untuk tubuh anda, dengan memasukkan asupan protein ke dalam tubuh anda, ini akan membuat tubuh jadi lebih berenergi. Oleh sebab itu kurangnya asupan protein dapat membuat tubuh cepat lemas dan lesu, sehingga jangan lupakan makanan yang mengandung protein jangan sampai dilewatkan jika anda tak ingin aktifitas anda di siang hari terganggu karena lemas.

  • Mengonsumsi lemak baik

Mengkonsumsi makanan berlemak saat sahur juga memiliki fungsu yang sangat bagus untuk tubuh. Kandungan lemak baik bisa didapatkan dari ikan, bisa juga didapatkan dari aneka jenis kacang-kacangan, terdapat pula pada minyak kelapa murni, serta beberapa jenis buah seperti alpukat. Kandungan lemak terutama lemak baik (HDL) juga diperlukan tubuh untuk menyerap nutrisi. Mengapa harus mengkonsumsi makanan berlemak saat sahur? hal itu dikarenakan lemak baik berperan penting dalam menyediakan energi bagi tubuh.

  • Batasi garam

Makan tanpa garam atau kurang garam memang tak akan enak rasanya, akan tetapi anda harus membatasi konsumsi garam saat sahur. Hal ini bisa dilakukan dengan membatasi konsumsi makanan yang asin ketika sahur. Mengapa anda harus mengurangi konsumsi garam atau konsumsi makanan asin saat sahur? Karena mengonsumsi makanan yang tinggi garam akan membuat tubuh anda cepat lapar dan dehidrasi.

  • Jangan memasak makanan terlalu lembek

Jika anda ingin tetap segar dan fit saat berpuasa, cara-cara yang dilakukan memang tak sulit, Salah satu cara lain untuk menjaga tubuh tetap berenergi selama berpuasa adalah dengan tidak memasak makanan yang terlalu lembek. Karena makanan yang lembek dapat membuat tubuh menjadi cepat lemas karena makanan terlalu cepat diolah tubuh.

  • Cukupi cairan tubuh

Pasokan cairan yang memadai penting untuk menjaga energi Anda awet dan berkesinambungan. Air dibutuhkan tubuh untuk proses pencernaan, penyerapan, dan transportasi nutrisi untuk energi. Dehidrasi bisa mengurangi energi yang diproduksi oleh tubuh Anda. Minum 500 mililiter air saat sahur akan sangat membantu Anda melewati durasi puasa. Lebih bagus lagi jika Anda bisa minum lebih dari jumlah tersebut.

  • Hindari yang manis

Sebaiknya hindari makanan dan minuman manis karena akan meningkatkan kadar gula darah secara cepat namun kemudian akan menurunkannya dengan drastis. Ini yang kemudian akan menyebabkan tubuh kekurangan zat gula sebagai penyuplai energi sehingga Anda cepat merasa lemas dan mengantuk. Menu seimbang. Apa pun menu sahur Anda, pastikan kandungan nutrisi dalam hidangan sahur Anda –karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin, dan mineral– terpenuhi dengan memadai.

  • Lakukan hal yang menyenangkan

Ketika anda berpuasa, rasa lapar dan haus tentu akan menyerang. Tapi bukan berarti karena hal itu akan menjadikan anda bermalas – malasan. Lakukanlah hal – hal yang menyenangkan dengan menjadwalkan sejumlah kegiatan dengan teman – teman atau keluarga anda. Ini yang perlu anda ketahui, ketika merasa senang dan bahagia, produksi hormon serotonin dalam tubuh anda bisa meningkat. Anda pun tidak akan mudah stres dan puasa anda akan terasa lebih ringan dijalani.

  • Jangan makan terlalu banyak saat buka dan sahur

Rasa haus dan lapar setelah seharian tidak makan dan minum, tentu ketika berbuka kita cenderung untuk makan sepuasnya. Padahal bulan puasa, tidak semata – mata hanya menahan haus dan lapar saja. Anda harus bisa membedakan antara puas dan kenyang.  Diawal berpuasa, anda pasti berpikir untuk makan makanan yang tersaji dan menghabisinya hingga anda puas. Tetapi itu tidak baik bagi tubuh anda. Saat anda makan, usahakanlah untuk mengunyahnya secara perlahan, jangan terburu – buru menghabiskan dengan segera menelannya. Makan secara perlahan berarti memberi kesempatan kepada makanan anda untuk terpecah dan terkunyah hingga akhirnya bisa di cerna secara maksimal.  Makanan yang dinikmati dengan perlahan dan sepenuh hati akan memberi kepuasan untuk perut anda sekaligus untuk ketenangan jiwa anda.

  • Mengatasi rasa pusing dan lapar saat puasa

Saat awal berpuasa, karena belum terbiasa tentu anda akan merasa haus, lapar dan sering merasa pusing. Hal ini memang wajar terjadi, karena tubuh anda perlu penyesuaian. Untuk mengatasinya anda dapat mengonsumsi makanan yang butuh dicerna lebih lama. Ketika sahur, cobalah untuk makan makanan yang banyak mengandung serat, bulir utuh serta biji – bijian, karena makan dengan jenis ini bisa menunda lapar anda ketika berpuasa.

  • Pola tidur yang baik

Pola tidur saat bulan Ramadhan juga akan mempengaruhi kesehatan kita ketika berpuasa. Puasa memang mengharuskan kita bangun lebih awal untuk mengambil makan sahur, jadi porsi istirahat kita akan terkurangi. Jika ada waktu, usahakan untuk tidur pada siang hari. Namun jika siang hari terlalu sibuk, lebih baik tidur lebih awal pada malam harinya. Hindari begadang yang tidak perlu kecuali untuk beribadah.

Nah itulah yang dapat kami sampaikan mengenai tips agar tubuh tetap berenergi saat berpuasa, semoga artikel yang kami kutip bermanfaat untuk anda semua. Baca juga : Makanan Yang Bisa Mengatasi Batuk

Terus kunjungi situs http://obatlemahsyahwatpalingampuh.alfianherbal.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya, karena kami akan terus update setiap harinya.

Tips Agar Tubuh Tetap Berenergi Saat Berpuasa

label, , , ,

About the author

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *