Tips Ampuh Hilangkan Sariawan Di Lidah

Inilah Beberapa Tips Ampuh Hilangkan Sariawan Di Lidah Dengan Cepat

Bagi anda yang sering merasakan sariawan baik itu pada lidah ataupun bibir, simak sampai tuntas tips ampuh hilangkan sariawan di lidah!.

Selamat datang dan terimakasih karena telah berkunjung kesalah satu situs resmi milik alfian herbal yang merupakan agen resmi pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya di indonesia. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi seputar kesehatan yang akan meliputi tips ampuh hilangkan sariawan di lidah.

Tips ampuh hilangkan sariawan di lidah | Timbulnya sariawan di lidah tentu dapat mengganggu. Sariawan dapat menyebabkan rasa tidak enak, menurunnya kemampuan merasakan, hingga kemungkinan menyebabkan rasa sakit atau perih pada mulut. Kondisi ini kemungkinan akan mengganggu Anda saat makan dan minum. 

Pengertian Sariawan

tips ampuh hilangkan sariawan di lidahSariawan merupakan salah satu gangguan mulut yang sering dianggap sepele oleh banyak orang. Sebenarnya sariawan merupakan tanda-tanda bahwa tubuh Anda sedang mengalami keadaan yang kurang stabil. Bisa dikatakan bahwa gangguan mulut yang satu ini bisa dijadikan tanda bahwa Anda akan sakit. Sariawan dalam istilah medis disebut stomatitis, merupakan istilah umum yang menunjukkan peradangan dan rasa sakit pada mulut sehingga dapat membuat penderitanya terganggu saat makan, bicara, dan tidur. Sariawan dapat terjadi di bagian mana saja dalam mulut, termasuk pada pipi bagian dalam, bibir, gusi, lidah, dan langit-langit.

Tahukah Anda sariawan ternyata memiliki beberapa jenis, dan penyebab sariawan pun berbeda-beda untuk tiap jenisnya, berikut jenis-jenis sariawan yang perlu Anda ketahui: Stomatitis Aphtous atau canker sore Merupakan jenis sariawan yang sering terjadi disebut juga dengan istilah ulkus aphthous, merupakan ulkus (luka sariawan) yang berwarna pucat atau kuning dengan pinggir luarnya berwarna kemerahan baik tunggal maupun berkelompok yang terletak dalam mulut, biasanya terjadi pada pipi bagian dalam, bibir dan lidah (baca: sariawan di lidah).

Biasanya berlangsung selama 5 sampai 10 hari dan tidak disertai demam atau badan panas dingin. penyebab sariawan stomatitis aphtosa Sariawan Herpes Simplex atau cold sore Sesuai dengan namanya sariawan ini disebabkan oleh infeksi virus herpes. Memiliki ciri sariawan yang berkelompok pada bibir bagain dalam, sedangkan herpes pada kulit sekitar bibir berisi cairan yang lambat laun akan berkerak atau keropeng. Sariawan yang disebabkan oleh herpes ini jarang terjadi pada gusi atau langit-langit mulut.

Berlangsung sekitar 7 sampai 10 hari. Sebelum muncul sariawan biasanya didahului dengan rasa kesemutan, nyeri, atau pedih panas seperti terbakar. Terkadang disertai dengan gejala yang mirip pilek atau flu. jenis sariawan herpes sariawan herpes simplex Sariawan Iritasi Iritasi pada mulut dapat menyebabkan lapisan mukosa mulut menjadi rusak kemudian timbullah ulkus atau luka sariawan. Mungkin hal ini sering kita alami, contohnya ketika asyik-asyiknya makan tiba-tiba lidah tergigit, eh beberapa hari kemudian menjadi sariawan di bagian lidah yang tergigit tadi. Atau ketika keasyikan makan krupuk atau kripik dalam jumlah yang banyak, eh keesokan harinya mulut pada lecet dan akhirnya menjadi sariawan.

Penyebab

Sariawan Sekilas sudah saya sebutkan di atas, namun lebih lengkap berikut penyebab sariawan sesuai jenisnya: Penyebab Sariawan Aphtous Sampai saat ini belum diketahui secara pasti apa penyebab sariawan ini, akan tetapi terdapat banyak faktor yang mungkin berkontribusi terhadap timbulnya stomatitis aphtous ini, seperti infeksi bakteri atau virus, konsumsi obat-obatan tertentu, kekurangan gizi, stres, kurang tidur, trauma pada mulut, penurunan berat badan yang mendadak, dan makanan tertentu seperti kopi, cokelat, keju, kentang, buah jeruk, dan kacang-kacangan. Sariawan ini juga dapat disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang menurun akibat penyakit pilek atau flu, perubahan hormonal, atau kekurangan vitamin B12 dan asam folat.

Penyebab Sariawan Herpes Cold sore disebabkan oleh virus herpes simpleks tipe1. Tidak seperti sariawan aphtous, sariawan ini dapat menular. Infeksi awal sering terjadi sebelum dewasa dan mungkin gejalanya rancu dengan pilek atau flu karena mirip. Setelah seseorang terinfeksi, virus akan tetap berada dalam tubuh dan akan menjadi aktif ketika daya tahan tubuh drop seperti ketika stres, demam, trauma, perubahan hormonal (seperti menstruasi), dan paparan sinar matahari yang berlebihan. Ketika luka sariawan muncul kembali, lokasinya akan cenderung sama. Selain dapat menular ke orang lain, virus ini juga dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya, seperti pada mata atau alat kelamin dengan istilah yang sama pula yaitu herpes simpleks.

Penyebab Sariawan Iritasi Iritasi pada mulut dapat disebabkan oleh beberapa faktor sebagai berikut: Tergigitnya pipi, lidah, atau bibir Pemakaian kawat gigi atau peralatan gigi lain yang tajam, dan gigi yang patah. Penyakit gusi (gingivitis) atau infeksi mulut lainnya. Makanan atau minuman yang panas Nginang (Mengunyah tembakau) Alergi terhadap hal-hal tertentu, seperti makanan atau obat-obatan. Penyakit autoimun yang mempengaruhi lapisan mukosa mulut, seperti penyakit lupus, penyakit Crohn, atau penyakit Behcet . Konsumsi obat-obatan tertentu seperti obat kemoterapi, antibiotik, obat yang digunakan untuk rheumatoid arthritis , atau obat epilepsi. Paparan radiasi pada pengobatan kanker. Bersumber dari: Mengenal Jenis-Jenis Sariawan dan Penyebabnya | Mediskus.com

Berikut Ini Tips Ampuh Hilangkan Sariawan Di Lidah Dengan Bahan Alami

Ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati sariawan. Cara mengobati sariawan dengan bahan alami ini lebih aman tapi membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Berikut beberapa bahan alami yang bisa mengobati sariawan.

1. Kunyit

Obat sariawan yang paling ampuh adalah kunyit. Rempah yang biasa yang digunakan untuk memasak ini ternyata bisa mengobati sariawan. Cara menggunakan kunyit untuk obat sariawan juga cukup simpel. Parut atau haluskan kunyit sampai menjadi pasta kemudian oleskan pada bagian yang mengalami sariawan. Agar lebih cepat kerjanya bisa dicampur dengan teh gliserin sebanyak satu sendok teh.

2. Madu

Madu sudah terkenal sejak dulu mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Salah satunya yaitu bisa mengatasi sariawan. Cara mengobati sariawan dengan menggunakan madu cukup dengan cara mengoleskan madu pada bagian yang mengalami sariawan. Lakukan sampai sariawan sembuh.

3. Minyak Kelapa

Minyak kelapa yang terbuat dari kelapa asli bisa mengobati sariawan secara cepat. Cukup oleskan minyak kelapa merata pada bagian yang mengalami sariawan sampai sariawan mengering dan sembuh. Lakukan sesering mungkin agar sariawan cepat sembuh.

4. Pepaya

Cara mengobati sariawan juga bisa menggunakan buah pepaya. Buah ini kaya akan kandungan vitamin C yang bisa membantu memperbaiki asupan vitamin C dalam tubuh. Mengkonsumsi buah pepaya secara rutin bisa mengobati sariawan dan juga bisa mencegah sariawan datang kembali.

5. Bawang putih

Bawang yang biasa digunakan sebagai bumbu masak ini ternyata juga bisa mengobati sariawan. Bawang putih bisa membantu mempercepat pengeringan luka didalam mulut. Cara menggunakannya sangat mudah, cukup tumbuk bawang putih kemudian oleskan pada sariawan.

6. Yogurt

Cara alami mengobati sariawan bisa menggunakan yogurt. Olahan dari susu yang satu ini kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Cukup konsumsi yogurt dua kali sehari untuk mengatasi sariawan.

7. Daun Jambu

Daun jambu yang dapat digunakan untuk mengobati sariawan adalah daun jambu biji. Daun ini tidak hanya bisa mengatasi sulit BAB saja tapi bisa membantu mengobati sariawan. Cara mengobati sariawan dengan daun ini cukup tumbuk dan oleskan pada bagian sariawan.

8. Pisang

Buah yang mempunyai bentuk panjang ini kaya akan vitamin dan juga mineral yang baik untuk tubuh. Salah satu kandungannya adalah vitamin C yang baik untuk mengatasi sariawan. Ketika sariawan cukup konsumsi pisang secara rutin.

9. Garam

Cara terakhir yang paling efektif dan cepat untuk mengobati sariawan adalah dengan garam. Oleskan garam pada sariawan dan biarkan sampai kering. Perlu diingat cara ini mungkin yang paling cepat tapi menimbulkan rasa perih.

10. Air Kelapa
Ambillah air kelapa, misalnya ada air kelapa hijau. Pakai untuk kumur serta dapat pula ditelan. Ini merupakan cara mengobati sariawan yang paling mudah sekaligus enak tapi juga ampuh.

11. Jambu Air
Ambillah kulit batang jambu air 10 gr (Kulit batang yang tetap muda), bersihkan serta tumbuk halus makin 1/2 gelas air masak, saring. Pakai air saringan itu untuk kumur.

12. Kopi Bubuk
Ambillah sedikit bubuk kopi lalu berikan di bagian yang sariawan, biarlah berapa menit, lalu kumurlah dengan air bersih. Sampai pulih. Insaalah dapat pulih lebih kurang 2 – 3 hari.

13. Berkumur dengan air garam
Berkumur dengan air hangat yang di gabung garam tiga kali satuhari sanggup mengobati luka sariawan dengan cepat. Kandungan garam sanggup menarik cairan pada luka sariawan jadi sanggup mempercepat pengobatan.

Sekian yang dapat kami sampaikan mengenai tips ampuh hilangkan sariawan di lidah. Jangan remehkan sariawan di lidah, terutama jika sudah mengganggu dan berlarut-larut. Konsultasi dengan dokter untuk pengobatan lebih lanjut ataupun anda bisa mengobatinya dengan cerdas dengan menggunakan bahan alami seperti yang telah kami bahas diatas tadi. Semoga artikel sederhana yang kami kutip ini bermanfaat untuk anda semua.

Terus kunjungi situs http://obatlemahsyahwatpalingampuh.alfianherbal.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya , karena kami akan terus update setiap harinya.

Baca juga : Jenis buah-buahan yang paling tinggi nutrisi

Tips Ampuh Hilangkan Sariawan Di Lidah

label, , , , , ,

About the author

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *