in Artikel Kesehatan

Tips Atasi Mastitis Kendala Para Ibu Menyusui

Salah satu penyakit yang bisa mengganggu proses pemberian nutrisi kepada bayi adalah mastitis, untuk itu simak tips atasi mastitis kendala para ibu menyusui.

Tips atasi mastitis kendala para ibu menyusui -, Perkenalkan, kami dari Agen Resmi pusat penjualan obat herbal online dari kepemilikan Alfian Herbal saat ini kami akan berbagi informasi seputar kesehatan yang akan meliputi “tips atasi mastitis kendala para ibu menyusui”.

Apa Yang Dimaksud dengan Mastitis ?

Mastitis adalah peradangan payudara biasanya disebabkan oleh infeksi. Hal ini dapat terjadi pada setiap wanita, meskipun mastitis yang paling umum terjadi dalam 6 bulan pertama menyusui. Mastitis dapat membuat Ibu merasa sangat lelah dan sakit. Ditambah dengan tuntutan merawat bayi yang baru lahir, hal ini membuat banyak perempuan berhenti menyusui sama sekali. Tapi sangat disarankan untuk dapat terus menyusui bayi. Karena menyusui membantu untuk membersihkan infeksi. Menyusui dengan payudara yang terkena mastitis tidak akan membahayakan bayi. Meskipun sangat sakit dan membuat ibu terkadang patah semangat dalam memberikan ASI eksklusif, mastitis dapat disembuhkan dengan pengobatan yang benar.

tips atas mastitis kendala para ibu menyusuiPemberian ASI eksklusif sangat membantu bayi mendapatkan antibodi alami yang dapat mencegah dari infeksi. Selain itu pencernaan bayi yang belum sempurna sangat dibantu dengan ASI karena bayi mudah beradaptasi dengan komposisi ASI. Apalagi penelitian menemukan ASI eksklusif dapat membantu mengurangi risiko beberapa penyakit saat dewasa dan juga mengurangi risiko anak obesitas.

Pentingnya pemberian ASI seringkali terkendala oleh kondisi kesehatan ibu menyusui. Salah satunya disebabkan oleh penyakit mastitis yaitu penyakit yang membuat ibu tidak nyaman dan merasa tersiksa ketika memberikan ASI. Bahkan beberapa ibu yang mengidap mastitis terkendala memberikan ASI eksklusif.

Apa sih penyebab mastitis itu?

Mastitis paling sering terjadi ketika bakteri memasuki payudara melalui puting. Hal ini dapat terjadi ketika seorang ibu menyusui memiliki puting yang terluka atau pecah-pecah.

Faktor lain yang juga dapat menyebabkan mastitis:

  • Tidak menyusui dalam waktu yang cukup lama, misalnya karena berpergian
  • Menyusui namun tidak tuntas, sehingga payudara tidak benar-benar kosong. Pastian bayi menyusui (latch on) dengan benar. Bila tidak yakin, kunjungi konselor laktasi di rumah sakit bersalin.

Bagaimana gejala-gejala mastitis?

Mastitis biasanya ditandai dengan adanya satu bagian di salah satu payudara yang terasa sakit. Terasa hangat saat disentuh dan atau berwarna kemerahan. Ibu juga mungkin mengalami demam, menggigil, dan nyeri tubuh.

Tanda-tanda bahwa mastitis makin parah:

  • kelenjar getah bening di ketiak sebelah payudara yang terinfeksi membengkak dan terasa sangat menyakitkan,
    detak jantung cepat,
  • menderita gejala seperti flu.

Tips atau Langkah-langkah Mengobati Mastitis

Memberikan ASI melalui payudara yang terkena mastitis harus tetap dilakukan meski terasa menyakitkan. Menghentikan pemberian ASI pada payudara yang terkena mastitis justru akan memperburuk kondisi. Selain tetap menyusui, berikut beberapa langkah mandiri yang bisa diterapkan jika Anda terkena mastitis:

  1. Susuilah bayi sesering mungkin pada posisi yang nyaman dan berganti sisi.
  2. Jika bayi tidak menyusui dalam jumlah banyak, pompalah ASI Anda.
  3. Pijatlah payudara Anda dengan lembut saat menyusui untuk memperlancar ASI.
  4. Hindari memakai bra yang terlalu ketat.
  5. Cukupilah kebutuhan cairan tubuh agar metabolisme tubuh lancar.
  6. Istirahat yang cukup agar tubuh tidak mudah lelah.

Sekian yang dapat kami sampaikan mengenai tips atasi mastitis kendala para ibu hamil. Semoga artikel sederhana yang kami kutip ini bermanfaat untuk anda semua. Terimakasih atas kunjungannya..

Terus kunjungi situs http://obatlemahsyahwatpalingampuh.alfianherbal.com/ untuk mengetahui informasi kesehatan lainnya , karena kami akan terus update setiap harinya.

Baca artikel lainnya : Cegah Resiko Kanker Dengan Buah Delima

Tips Atasi Mastitis Kendala Para Ibu Menyusui

Written By:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *